Share

Begini Update Proyek Tol Puncak, Siap Beroperasi 2030-2034

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Rabu 14 September 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 320 2667490 begini-update-proyek-tol-puncak-siap-beroperasi-2030-2034-bnkVomyLzc.jpg Begini Update Proyek Tol Puncak. (Foto: okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa proses pembangunan jalan tol Caringin-Puncak (Cianjur) terus berlanjut.

Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian menjelaskan, saat ini wacana ruas tol tersebut sudah menemukan pemrakarsa untuk melakukan pembangunan. Bahkan ruas tol tersebut kemungkinan bakal beroperasi 2030-2034.

Baca Juga: Jalan Tol Puncak Bogor Dibangun Tahun Depan

"Kami laporkan, saat ini pemrakarsa sudah ada, sudah berkirim surat kepada Pak Menteri, ini sedang kita proses tindak lanjutnya," ujar Hedy dalam RDP bersama Komisi V DPR RI, Rabu (14/9/2022).

Hedy menjelaskan jalan tol Caringin-Puncak (Cianjur) telah tercantum dal rencana umum jaringan jalan tol dengan target terbangun/operasi pada periode 2030 - 2034.

Baca Juga: Healing Tanpa Pusing, Siap-Siap Ada Tol Langsung ke Puncak Bogor

Proyek tersebut dilakukan dengan skema KPBU unsolicited, yang mana sebagai pemrakarsa adalah badan usaha, bukan pemerintah. Selain itu penyiapan proyek seperti studi kelayakan juga dilakukan oleh badan usaha sebagai pemrakarsa.

"Jadi nantinya ini kita siapkan untuk solicited pak, tetapi karena sudah ada pemrakarsa, solicited-nya kita batalkan, jika pakai jalur unsolicited," sambung Hedy.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kehadiran jalan tol tersebut diharapkan bisa mengurai kemacetan di beberapa titik yang kerap terjadi di jalur menuju Puncak jika melalui jalan Nasional. Sebab kondisi lalulintas puncak terlebih masuk musim libur menimbulkan kemacetan yang cukup parah.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja sebelumnya sempat menyebutkan bahwa rencannya jalan tol puncak ini akan tersambung dengan jalan tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi).

"Jadi dari arahnya dari Sukabumi, nyambung ke Bocimi, nanti rutenya lewat mana, tapi yang jelas nanti ada dari tol Bocimi," ucap Endra dikutip inews.id (20/6/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini