Share

Presiden Jokowi: Ekonomi Kreatif Mampu Bertahan di Era Pandemi

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 06 Oktober 2022 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 320 2681615 presiden-jokowi-ekonomi-kreatif-mampu-bertahan-di-era-pandemi-fw6ra98ggQ.jpg Presiden Jokowi soal Ekonomi Kreatif. (foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sektor ekonomi kreatif mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19, jika dibandingkan sektor lain.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya pada pembukaan Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 di Bali pada hari ini.

Baca Juga: Buka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif, Presiden Jokowi Harap Ada Hasil untuk Pemulihan Ekonomi

"Sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Dan beberapa subsektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi dan radio bahkan tumbuh signifikan dipicu konsumsi konten yang meningkat signifikan Selama pandemi," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/10/2022).

Bertahannya ekonomi kreatif di tengah pandemi, dikarenakan mobilitas karya dari ekonomi kreatif terus bergerak.

Baca Juga: Kunjungi dan Majukan 1.425 Desa Unggulan, Sandiaga Uno Raih Penghargaan MURI

"Pada saat dunia membatasi mobilitas fisik manusia karena pandemi covid, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif tetap lalu lalang bergerak tanpa menularkan covid 19," jelasnya.

Jokowi pun percaya bahwa ekonomi kreatif di Indonesia dan di banyak negara lainnya akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan.

"Semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif. Pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar dan maju," ungkapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, menurut Jokowi industri kreatif tidak lagi menjadi bahan konsumsi di masyarakat lokal saja tapi produk global.

"Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara," kata Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini