Share

Swasembada Pangan, Mentan Perluas Areal Tanam Padi

Antara, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 09 320 2683430 swasembada-pangan-mentan-perluas-areal-tanam-padi-WIL4G81SIX.jpg Kementan Dorong Perluasan Areal Tanam Padi. (Foto: Okezone.com/Bulog)

JAKARTA - Provinsi Sulawesi Barat mengembangkan 2.000 hektare lahan pertanian untuk meningkatkan produksi padi di daerah tersebut. Rencana tersebut pun mendapat dukungan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendukung Provinsi Sulbar dalam meningkatkan luas areal pertanaman padi dan menjadi daerah swasembada pangan," kata Mentan, dikutip dari Antara, di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Minggu (10/10/2022).

Baca Juga: Indonesia Swasembada Pangan Tapi Kesejahteraan Petani Tak Meningkat

Dia mengatakan, pemerintah pusat akan membantu Sulbar mengembangkan luas areal tanaman padi hingga 2.000 hektare untuk meningkatkan produksi beras nasional.

"Namun untuk tahap pertama akan dibantu pengembangannya hingga 1.000 hektare terlebih dahulu kemudian dilanjutkan lagi 1.000 hektare," katanya.

Baca Juga: Asuransi Pertanian Jaga Ketahanan Petani Capai Target Swasembada Pangan

Dia mengatakan, pemerintah pusat berharap petani semakin sejahtera dengan perluasan areal pertanaman padi itu.

Menurut dia, Sulbar merupakan daerah agraris yang cocok mengembangkan tanaman padi sehingga pemerintah daerah diminta terus berkomitmen memajukan sektor pertanian.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik meminta agar pemerintah kabupaten di Sulbar mulai melakukan pemetaan lahan yang dapat digunakan mengembangkan tanaman padi.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, katanya, melakukan upaya peningkatan sarana dan prasarana pertanian dengan memanfaatkan bantuan yang akan diturunkan pemerintah pusat.

Dia meminta agar pembangunan sektor pertanian, khususnya tanaman padi lebih difokuskan setiap daerah di Sulbar untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

"Wilayah Sulbar paling berpeluang menjadi daerah agraris yang bertumpu pada sektor pertanian karena ditunjang lahan Sulbar yang luas, ini mesti dimanfaatkan untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini