Share

Cegah Longsor, PUPR Siapkan Desain Permanen Penataan Lereng

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Senin 31 Oktober 2022 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 470 2697810 cegah-longsor-pupr-siapkan-desain-permanen-penataan-lereng-NmtQfkNsnN.JPG PUPR siapkan desain permanen cegah longsor. (Foto: PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan desain permanen untuk menghindari adanya bencana tanah longsor di kemudian hari.

Direktur Jendral Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menjelaskan hal tersebut menyusul bencana longsor yang terjadi di sejumlah titik di jalur Trans Sulawesi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan itu.

"Saat ini tim sudah berada di lapangan untuk menyiapkan desain permanen penataan lereng secara menyeluruh," kata Hedy dalam pernyataan tertulisnya dikutip Senin (31/10/2022).

 BACA JUGA:PUPR Investigasi Titik Longsor di Jalan Jatinangor - Batas Sumedang

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Barat Kementerian PUPR Sjofa Rosliansjah menambahkan untuk penanganan permanen akan dilakukan setelah kajian menyeluruh, agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan terulangnya longsor.

"Langkah-langkah yang akan dilakukan oleh BPJN Sulbar yakni memetakan topografi dengan potongan memanjang dan melintang pada lokasi longsoran," sambung Sjofa.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu juga dilakukan penyelidikan tanah (geologi) secara menyeluruh pada lokasi longsoran, melakukan pengujian dan analisis laboratorium tanah, dan kemudian menentukan penanganan yang akan dilakukan pada lokasi.

Menurutnya, terdapat beberapa alternatif penanganan yang bisa dilakukan antara lain adalah penanganan lereng dengan menurunkan semua longsoran yang masih tersisa.

Selain itu juga bisa dilakukan pemasangan jaring pengaman jika masih memungkinkan, menggunakan bore pile yang dikombinasi dengan mortar ringan/beton ringan.

Serta mengganti material badan jalan dengan menggunakan beton ringan/mortar ringan dan membuat pengaturan drainase pada lereng atas sehingga mengurangi air yang masuk ke lereng.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini