Share

Menteri Akui Motor Listrik Tak Selaku Mobil Listrik

Ikhsan Permana, MNC Portal · Rabu 02 November 2022 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 320 2699611

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa kapasitas produksi pabrik kendaraan roda dua listrik di Indonesia sudah mencapai 1,1 juta unit per tahun.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 35 fasilitas pabrik yang ada di Indonesia. Namun, kata Agus, jumlah kapasitas produksi belum sebanding dengan utilisasinya yang masih jauh dari kapasitas produksi.

Baca Juga: Menperin: Sebelum 2024 Harus Bisa Produksi 2 Juta Motor Listrik Buatan Indonesia

"Utilisasinya masih belum setinggi itu, karena demand. Maka demand ini yang kita harus create melalui dorongan dari pemerintah melalui Inpres nomor 7," kata Agus kepada wartawan saat ditemui di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Rabu (2/10/2022).

Menurutnya, jika permintaan terhadap motor listrik berkembang, maka industrinya otomatis akan menyesuaikan. Jadi target produksi 2 juta unit di 2024 akan terealisasi dengan mudah.

Baca Juga: Menhub Ingin Semua Gedung di Jakarta Punya 'SPBU' Kendaraan Listrik

"Kalau dari sisi suplai target 2 juta itu inysalaah tidak terlalu sulit, tapi dalam sisi demandnya itu perlu kita create," ujarnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menambahkan, selain 35 pabrik yang telah terdata, masih banyak perusahaan yang mengajukan proposal kepada Kemenperin untuk melakukan investasi motor listrik di Tanah Air.

"Krena potensi market besar dari penjualan roda empat dibandingkan dengan roda dua itu 1 banding 6 jadi tinggi sekali dan mereka tahu mereka paham itu dan mereka paham keseriusan pemerintah untuk melakukan transisi dari konvensional ke listrik sehingga itu membuat Indonesia sebagai negara yang cukup diminati oleh investor untuk bangun motor listrik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini