Share

Ekonomi Gelap 2023, Sandiaga Uno: Penerangnya Kemampuan Kita untuk Kerja Keras, Cerdas dan Ikhlas

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Kamis 03 November 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 320 2699993 ekonomi-gelap-2023-sandiaga-uno-penerangnya-kemampuan-kita-untuk-kerja-keras-cerdas-dan-ikhlas-qJ1L0JTkCS.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi isu resesi ekonomi yang akan terjadi tahun depan. Di mana resesi ini dapat berdampak pada UMKM.

Menurut Sandi, hal tersebut dapat dilalui dengan cara mencari penerang, dengan semangat isu resesi akan dapat dilalui namun tetap waspada.

Baca Juga: Tips Investasi dan Rekomendasi Saham Usai The Fed Naikkan Suku Bunga

"Bisa disimpulkan bahwa disaat resesi ekonomi gelap. Banyak ketidakpastian, penerangnya adalah kemampuan kita untuk 4As, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," kata Sandiaga, Kamis (3/11/202).

Baca Juga: Ancaman Resesi 2023, BPS Pantau Tren Harga Komoditas Impor Indonesia

"Ini disandingkan dengan semangat 3G, gercep kita harus gerak cepat mengambil peluang, geber kita harus mampu bergerak bersama, dan gaspol garap semua potensi termasuk potensi online untuk menciptakan peluang usaha bersama UMKM lainnya," lanjut Sandiaga.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Kepada UMKM, Sandiaga menjelaskan tentang cara negosiasi dan presentasi cepat namun menarik. Sandiaga menjelaskan, dalam hal bernegosiasi harus ada konsep '3 Si' yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Saya berikan konsep, yang pertama '3 Si', inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Negosiasi itu bisa cepat, bisa memikat kalau kita menguasai seluruh isu, jadi informasi yang diperlukan itu kita harus tahu dengan cepat dan super tepat. Kita juga harus mampu dikelilingi oleh orang - orang yang baik, kalau kita mau sukses, kita bergaulnya sama orang - orang sukses," kata Sandiaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini