Share

5 Tips Atur Gaji agar Tidak Cuma Numpang Lewat

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Minggu 06 November 2022 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 622 2700080 5-tips-atur-gaji-agar-tidak-cuma-numpang-lewat-nqHMSON7KH.jfif Tips Mengatur Gaji agar Tidak Numpang Lewat. (Foto: Okezone.com/MotionBanking)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips mengatur gaji supaya tidak hanya lewat setiap bulannya. Hal ini disampaikan OJK dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan.

Mengutip instagram OJK, masyarakat kerap merasa gajian yang diterima setiap bulan cepat habis atau hanya numpang lewat. Bila merasakan hal seperti ini, masyarakat mesti mulai mengatur kebiasaan agar bisa mengelola penghasilan yang dimiliki.

Baca Juga: 4 Langkah Cara Minta Naik Gaji ke Atasan

Pertama, catat pemasukan dan pengeluaran.

Di sini masyarakat harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran untuk mengatur aliran dana dan memilah mana yang merupakan prioritas kebutuhan dan keinginan.

Kedua, atur prioritas kebutuhan.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Gaji Rp3 Juta Agar Cukup untuk Sebulan

Atur pos anggaran untuk kebutuhan utama, seperti biaya hidup sehari-hari, transportasi dan utang yang harus dilunasi. Dari alokasi ini, masyarakat bisa tahu sisa anggaran yang dimiliki.

Ketiga, bayar cicilan atau tagihan utang.

Utamakan membayar cicilan atau tagihan terlebih dahulu dan selalu tepat waktu agar tidak terlena denda yang bisa memberatkan keuanganmu.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Keempat, pisahkan anggaran untuk tabungan.

Simpan tabungan dalam rekening repisah untuk membantumu disiplin menabung dan mudah mengatur alokasi anggaran.

Kelima, mulai berinvestasi.

Investasi bisa menjadi pilihan untuk memperoleh keuntungan dan menambah keuangan. Tapi jangan lupa, pelajari dan pilih investasi yang memiliki manfaat dan risiko sesuai kebutuhanmu. Cek izinya juga!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini