Share

5 Tips Keuangan Supaya Bisnis Tidak Bangkrut

Feby Novalius, Okezone · Minggu 13 November 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 622 2705502 5-tips-keuangan-supaya-bisnis-tidak-bangkrut-IFHad3UTCD.jfif Tips Keungan Supaya Bisnis Tidak Bangkrut. (Foto: Okezone.com/Motionpay)

JAKARTA - Usaha baru bisa gagal karena perencanaan keuangannya tidak tepat. Oleh karena itu, memiliki rencana keuangan yang komprehensif untuk sebuah bisnis adalah suatu keharusan.

Perencana Keuangan Prita Ghozie mengatakan, ada 5 langkah mudah membuat rencana keuangan untuk bisnis UMKM. Langkah pertama, hitung biaya set-up usaha.

Biaya set-up saat awal memulai usaha biasanya terdiri dari, biaya administrasi dan pemasaran awal. Biaya pendaftaran usaha, lisensi dan legal lainnya.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Gaji Rp3 Juta Agar Cukup untuk Sebulan

"Biaya beli peralatan dan kebutuhan aset. Serta modal kerja awal untuk produksi dan operasional," tuturnya.

Langkah kedua membuat simulasi laba-rugi. Dirinya menyarankan supaya membuat proyeksi untuk 12 bulan ke depan sejak pertama usaha beroperasi.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Keuangan untuk Freelancer

"Cara membuat proyeksi adalah dengan membandingkan potensi pendapatan penjualan (omzet) dengan biaya produksi atau biaya perolehan, plus biaya operasional yang tetap," tuturnya.

Langkah ketiga, perkiraan saldo neraca. Jadi berdasarkan penjualan serta perkiraan biaya operasi, maka harus dibuat berapa neraca bisnis setelah 12 bulan beroperasi.

Neraca terdiri dari aset, saldo pinjaman untuk usaha (kredit usaha), serta saldo modal yang kamu setorkan.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Langkah keempat, membuat perkiraan cashflow (akan negatif atau positif). Tahukah kamu bahwa istilah cash is king adalah hal nyata dalam bisnis UMKM.

"Sebuah bisnis baru sering membutuhkan uang untuk membangun kapasitas yang diperlukan untuk melayani pelanggan. Pahami bahwa pelanggan mungkin lambat untuk membayar tagihan, sehingga kekurangan kas dapat mengancam operasi usaha," ujarnya.

Langkah kelima adalah membuat strategi keuangan. Di mana semua masalah cashflow bisa diprediksi lebih awal supaya bisa dicari solusinya.

Misalnya, dari evaluasi penjualan, akan ketahuan produk best-seller dan yang mandeg.

"Solusinya bisa dijual dengan konsep bundling. Kemudian dari proyeksi cashflow, akan ketahuan di bulan mana butuh kas lebih besar. Solusinya bisa kasih diskon untuk pelanggan yang bayar tunai,: tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini