Share

5 Fakta Jokowi dan Xi Jinping 'Nonbar' Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Beroperasi Juni 2023

Clara Amelia, Okezone · Sabtu 19 November 2022 03:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 320 2710157 5-fakta-jokowi-dan-xi-jinping-nonbar-uji-coba-kereta-cepat-jakarta-bandung-beroperasi-juni-2023-xPanUe3dib.jpg Kereta Cepat Jakarta Bandung siap uji dinamis (Foto: Okezone)

JAKARTA – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Sebelumnya, Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry mengatakan, selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

Sebagai informasi, KCJB akan mempersingkat perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan waktu tempuh 40 menit saja. Di mana pada perjalanannya akan ada 4 stasiun, yaitu stasiun halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Sementara melewati 9 kabupaten/kota.

Dirangkum Okezone, Sabtu (19/11/2022), berikut fakta uji coba kereta cepat disaksikan langsung Xi Jinping dan Jokowi:

1. Xi Jinping dan Jokowi Saksikan Uji Coba Melalui Tayangan Virtual

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping menyaksikan uji dinamis KCJB melalui tayangan virtual dari Bali pada Rabu (16/11/2022).

2. Uji Coba Dijalankan 2 Masinis KCJB Mengikuti Instruksi Kedua Kepala Negara

Kedua pimpinan negara memberikan instruksi kepada masinis untuk melakukan uji dinamis.

Uji coba kereta cepat dijalankan masinis KCJB asal Indonesia Supriadi dan masinis KCJB Mu Zhen. Kedua masinis meminta arahan kepada kedua kepala negara.

"Lapor Presiden Joko Widodo, CIT untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah siap dan inspeksi on-track akan segera dilaksanakan. Mohon instruksi," kata Masinis KCJB Supriadi, Rabu (16/11/2022).

"Laksanakan," jawab Jokowi.

Hal yang sama dikatakan juga oleh Xi Jinping memberikan arahan kepada masinisnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

3. Proses Uji Coba KCJB Melintasi 142,3 Km dengan Kecepatan 80 Km/Jam

Proses uji dinamis akan dilakukan sepanjang 15 kilometer (km) dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung dari total keseluruhan panjang lintasan 142,3 km.

Adapun dalam showcase ini, kecepatan kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam. Sementara kecepatan operasi maksimum KCJB yakni 350 km/jam.

4. KCJB Ditargetkan Beroperasi pada Juni 2023

Presiden Joko Widodo optimis KJCB bisa beroperasi pada Juni 2023. Hal ini diungkap Jokowi setelah menyaksikan uji dinamis KCJB bersama Xi Jinping.

"Tadi kita telah melihat penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan saya optimistis kereta cepat ini dapat beroperasi di bulan Juni di 2023," ujar Jokowi, Rabu (16/11/2022).

5. Proyek KCJB sebagai Bentuk Nyata Kerja Sama Indonesia dan China

Di tempat yang sama, Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa proyek KCJB adalah bentuk nyata kerja sama antara kedua negara.

"Semua ini adalah pencapaian nyata yang tidak hanya memberikan kesejahteraan kepada rakyat kedua negara. Tetapi juga mendatangkan hasil positif di tingkat regional maupun global," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini