Share

Menteri Basuki Segera Bangun 2.272 Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 470 2713128 menteri-basuki-segera-bangun-2-272-rumah-rusak-akibat-gempa-cianjur-XjazKtEybl.jpg Basuki siap bangun rumah warga Cianjur yang rusak (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono bakal membangun kembali rumah warga yang terdampak gempa Cianjur. Basuki menyatakan siap membangun kembali rumah rusak di Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh, setidaknya terdapat 2.272 rumah yang akan dibangun. Menteri Basuki meminta Pemerintah Daerah untuk menyiapkan tanah untuk keperluan relokasi atau membangun kembali 2.272 rumah yang rusak akibat gempa.

"Ada sekitar 2.272 rumah yang rusak. Rumah yang rusak berat serta fasilitas umum seperti sekolah, masjid, gereja, kantor-kantor pasti akan kita bangun kembali seperti di Semeru dan Sulawesi Tengah," kata Menteri Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (23/11/2022).

Seperti diketahui gempa yang terjadi di Cianjur Jawa Barat bukan hanya menciptakan kerusakan pada rumah, namun sekaligus membuat longsor pada beberapa titik. Hal tersebut membuat konektivitas terhambat, karena tanah dan pepohonan yang ada di lereng menutup jalan Nasional.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Ada 2 lokasi yang kena longsoran, masing-masing sepanjang 100 meter dan 40 meter. Sekarang sudah selesai dibersihkan dan sudah bisa dilewati," kata Menteri Basuki.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja menambahkan Kemeterian PUPR telah menerjunkan beberapa fasilitas darurat hingga alat berat untuk membantu proses evakuasi.

"Kami telah mobilisasi 5 excavators dan 7 dump trucks,12 Hidran Umum, 4 toilet portable dan 7 tenda darurat untuk warga yang terdampak gempa Cianjur," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini