Share

Keluarga Glazer Jual Manchester United Rp72,2 Triliun? Orang Terkaya RI Bisa Beli

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Kamis 24 November 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 455 2713887 keluarga-glazer-jual-manchester-united-rp72-2-triliun-orang-terkaya-ri-bisa-beli-jVhSKFF4Ja.png Orang Terkaya Indonesia Bisa Beli Manchester United (Foto: Forbes)

JAKARTA - Keluarga Glazer akan menjual Manchester United setelah membelinya pada 2005 atau 17 tahun lalu.

Meski belum mengumumkan berapa harga jual Manchester United, namun menurut perkiraan Forbes, nilai jual Manchester United mencapai USD4,6 miliar atau setara Rp72,2 triliun (kurs Rp15.700 per USD) pada Mei 2022.

Sementara pada 2022, tim sepak bola Inggris menghasilkan pendapatan operasional sebesar USD106 juta (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) dari pendapatan sebesar USD760 juta.

BACA JUGA:Breaking News: Usai Putus Kontrak Cristiano Ronaldo, Manchester United Segera Dijual Keluarga Glazer 

Tercatat, saat ini Manchester United berada di peringkat yang sama dengan Miami Dolphins sebagai tim olahraga paling berharga ke-19 di dunia.

Keluarga Glazer telah mendapatkan desakan dari para pendukung Manchester United selama bertahun-tahun. Hal ini berkaca dari prestasi klub yang semakin merosot semenjak dimiliki mereka.

Keluarga Glazer telah bersikeras untuk mempertahankan Manchester United selama bertahun-tahun. Namun kini kabarnya keluarga kaya raya asal Amerika Serikat tersebut mempertimbangkan untuk menjual klub raksasa Inggris tersebut.

BACA JUGA:6 Hal yang Bikin Hartono Bersaudara Punya Harta Ratusan Triliun 

Hal ini dilansir dari Sky News yang mengungkap bahwa Keluarga Glazer sedang mempersiapkan pengumuman resmi untuk melepas investasi terhadap Manchester United. Menurut kabar tersebut, kubu Glazer disarankan untuk segera menjual Manchester United, entah secara penuh atau parsial.

Ada beberapa calon pembeli Manchester United di antaranya Sir Jim Ratchliffe, Jim O'Neill dan Red Knights, Investor Amerika Serikat (AS) hingga pembeli dari Timur Tengah.

Meski demikian, jika mengacu pada harga jual Manchester United yang mencapai USD4,6 miliar atau setara Rp72,2 triliun, orang terkaya di Indonesia juga bisa membeli The Red Devils, julukan Manchester United.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurut data Forbes, Keluarga Glazer pernah masuk sebagai orang terkaya di Amerika pada 2015. Kala itu kekayaannya mencapai USD4,7 miliar atau setara Rp73,7 triliun (jika mengacu kurs saat ini Rp15.700 per USD).

Sementara, orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Hartono bersaudara. Harta kekayaan adik kakak ini jika ditotal menembus Rp700 triliun.

Tercatat, R Budi Hartono memiliki kekayaan USD23,2 miliar atau setara Rp364,2 triliun. Sementara Michael Hartono mempunyai kekayaan USD22,3 miliar atau setara Rp350,1 triliun. Jika dijumlahkan, harta Hartono bersaudara ini mencapai Rp714,3 triliun.

Dengan harta sebanyak Rp714,3 triliun sangat mungkin jika Hartono bersaudara membeli Manchester United.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini