Share

Ajak 47 Negara Kolaborasi Ekonomi Biru, Luhut: Kembangkan Laut Sehat

Heri Purnomo, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 320 2720745 ajak-47-negara-kolaborasi-ekonomi-biru-luhut-kembangkan-laut-sehat-8R338KBy0x.JPG Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengajak negara pulau dan kepulauan untuk membangkitkan perekonomian berbasis ekonomi biru.

Hal itu diungkapkannya Pertemuan Keempat Tingkat Menteri Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum-AIS Forum) di Nusa Dua, Bali.

Luhut mengatakan tujuan AIS Forum adalah untuk pemulihan pascapandemi berbasis ekonomi biru, pengembangan berkelanjutan dan kesehatan laut, serta terciptanya solidaritas antarnegara kepulauan.

"Negara pulau dan kepulauan harus memiliki strategi yang optimal untuk bekerja sama antar pemangku kepentingan untuk menstimulasi ekonomi laut berkelanjutan,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

 BACA JUGA:Ada Peran Penting Menko Luhut di Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Terlebih lagi setelah setelah pandemi Covid-19, Luhut mengatakan bahwa dalam forum ini 47 negera harus bersatu dan bangkit bersama untuk pemulihan.

"Dalam forum ini semua negara kepulauan memiliki wadah terbuka dan inovatif untuk berkolaborasi mengembangkan laut sehat yang berkelanjutan," katanya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, Luhut memandang penting Forum AIS sebagai forum untuk membangun kemitraan strategi dengan negara, organisasi, dan pelaku pembangunan lain, baik di tingkat regional maupun global secara aktif.

Untuk itu, Indonesia mengajak negara-negara anggota AIS Forum berkolaborasi dan gotong-royong memperkuat kerangka kerja sama kongkrit AIS Forum.

"Ini penting untuk dapat memastikan keberlanjutan program dan kegiatan AIS Forum selama beberapa dekade mendatang. Di mana AIS Forum harus mampu menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan menjalin kemitraan yang lebih strategis," ungkapnya.

AIS Forum adalah organisasi internasional yang dibentuk pemerintah Indonesia.

Inisiatif Indonesia ini menjadi bagian dari diplomasi maritim untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Adapun empat agenda utama AIS Forum adalah adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, pembangunan ekonomi biru, penanggulangan sampah plastik di laut, dan tata kelola laut yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini