Share

Jurus Erick Thohir Antisipasi Krisis Pangan

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 320 2722315 jurus-erick-thohir-antisipasi-krisis-pangan-f5Az1rtfd1.jpg Jurus Erick Thohir Atasi Krisis Pangan. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Presiden Jokowi memerintahkan langsung Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengantisipasi dampak resesi, utamanya di kalangan masyarakat kecil. Salah satu fokus kebijakannya adalah melindungi petani yang terancam gagal panen dan bisa terserap maksimal oleh pasar.

Erick pun memastikan BUMN bergerak cepat untuk mengimplementasikan program perlindungan bagi petani. Program yang disiapkan adalah BUMN menjadi off taker atau menyerap produksi petani saat panen.

Baca Juga: Cegah Krisis, Erick Thohir: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Pangan

"Tadikan bicara mengenai resesi pangan yang harus diantisipasi karena itu kami dari BUMN mendorong kemungkinan yang sudah dibicarakan bapak Presiden bagaimana BUMN menjadi off taker," ujar Erick kepada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Erick mengaku sedang membuat skema terkait langkah BUMN menyerap produksi petani. Kementerian BUMN sedang menyiapkan skema penugasan pada sejumlah BUMN yang terlibat.

Baca Juga: Amankan Cadangan Pangan, Bulog dan ID Food Bakal Dapat Pinjaman Murah

Tak hanya BUMN Pangan selaku penyerap bahan pokok, melainkan juga Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang akan terlibat dalam program perlindungan bagi petani.

"Saya mengusulkan pendanaan disimpan di Himbara tak langsung di BUMN-nya. Disimpan di Himbara dengan bunga yang rendah. Supaya saat kita mau beli urusan petani tidak mahal lagi biayanya," ujarnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Erick mengatakan kebijakan penyerapan produksi petani ini akan sangat penting bagi perekonomian mikro maupun makro. Selain akan menjamin kelangsungan perekonomian para petani, kebijakan ini diyakini akan menghasilkan efek multiplier bagi seluruh rantai pasok pangan nasional.

"Karena ini kan benar-benar ekonomi yang berputar. (Kebijakan) ini yang sedang kita petakan," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini