Share

Pengusaha Muda Diuji! Wirausaha Muda Mandiri 2022 Memasuki Babak Akhir

Imam Rachmawan, Jurnalis · Kamis 08 Desember 2022 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 11 2723499 pengusaha-muda-diuji-wirausaha-muda-mandiri-2022-memasuki-babak-akhir-OD33H17fkn.jpg Foto: dok. Bank Mandiri

JAKARTA - Konsistensi Bank Mandiri dalam komitmen untuk melahirkan wirausaha muda yang kompetitif terus dibuktikan dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Memasuki tahun ke-16, WMM 2022 telah masuk ke tahap empat besar untuk mempresentasikan konsep usaha di pengujung acara ke depan dewan juri di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Ajang kompetisi tahunan bagi pelaku usaha ini telah memasuki babak akhir bertajuk “Meet the Boss” untuk memperebutkan hadiah senilai Rp800 juta. Dalam tahap ini, perwakilan dewan juri di antaranya Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedi Bharata, Presiden Direktur Medco Energy Hilmi Panigoro, dan Public Figure sekaligus Entrepreneur Christian Sugiono.

WMM 2022 kini mengusung tema Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur! dan terbagi dalam 2 kategori utama, yaitu Business Existing, yakni Boga, Kreatif, Teknologi, serta Sosial dan Side Competition yang terdiri dari Santripreneur dan Business Plan.

BACA JUGA: Mau Jadi Alumni WMM 2022? Ini Deretan Benefitnya

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan, sejak pertama kali diluncurkan pada 2007, WMM telah melahirkan lebih dari 56.000 wirausaha muda yang telah memberikan dampak langsung ke masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan, hingga mampu menghadirkan solusi atas berbagai persoalan perekonomian di Tanah Air.

“WMM kini tidak hanya menjadi ajang perlombaan saja, tetapi sudah menjadi sebuah komunitas pengusaha muda yang solid dan terus meluas dari tahun ke tahun. Ini yang menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Rudi di Jakarta, Kamis (8/12/2022) malam.

Dia menambahkan, konsistensi tersebut tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi, namun berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan juga promosi usaha para finalis WMM. Nantinya, para finalis dan juara WMM akan diikutsertakan ke dalam event-event promosi nasional dan lokal yang didukung oleh Bank Mandiri agar dapat memperkenalkan produk dan usahanya dengan lebih luas.

Adapun, Top 4 WMM 2022 yang akan berhadapan dengan para dewan juri yakni Alvin Tanto dari kategori Teknologi sekaligus peraih Golden Ticket dengan nama usaha 3Dprint.ID. 3DPrint.ID (3DID) adalah perusahaan manufaktur digital di bawah nama CV Triputra Kencana Persada.

3Dprint.ID memproduksi mesin-mesin cetak tiga dimensi yang Tangguh, Presisi, dan Handal. Fokus dan komitmen 3DPrint.ID adalah pemenuhan use-case unik tiap pengguna menciptakan hubungan yang erat antara 3DID dan para pelanggan.

Lalu, Benita Selian dengan nama usaha Smoothie Theory dari kategori Boga. Smoothie Theory adalah smoothies sehat yang terbuat dari 100 persen buah dan sayuran asli tanpa tambahan gula. Smoothie Theory bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kesadaran hidup sehat masyarakat Indonesia bahwa hidup sehat itu mudah, menyenangkan, dan tidak mahal.

Tak hanya itu, Dian Prayogi dari Jawa Barat merupakan pendiri usaha Habibi Garden. Berkategori sosial, Habibi Garden hadir untuk membantu petani Indonesia "berbicara" dengan tanaman melalui teknologi IoT.

Teknologi buatannya ini mampu membaca parameter kunci pertanian seperti temperatur, pH, kadar nutrisi N P K, kelembaban tanah, dan prediksi curah hujan. Data tersebut akan disimpan dalam cloud dan diolah oleh machine learning algoritma sehingga petani dapat memahami tanamanya dan memberikan dosis pupuk sesuai dengan kebutuhannya.

Terakhir, Indra Purwidiyanto dari kategori kreatif dengan usaha bernama Naruna Keramik yang merupakan usaha di bidang kriya dan memproduksi keramik dari bahan material 100 persen lokal dengan desain khas Indonesia.

Keempatnya akan bertanding untuk memperebutkan hadiah dan memperoleh gelar sebagai WMM Jawara WMM 2022.

“Ajang tahunan Bank Mandiri memang menarget generasi muda untuk mendorong minat wirausaha di Tanah Air sejak dini. Untuk itu, kriteria usaha yang dapat menjadi pemenang tentunya harus dapat menghadirkan solusi dan menjadi inspirasi bagi banyak kalangan,” jelas Rudi.

Lebih lanjut, VP CSR Center Department Bank Mandiri Diwangkoro A. Ratam mengatakan tidak hanya sebatas perlombaan bagi para peserta saja, masyarakat juga dapat merasakan langsung keseruan serta memperoleh ilmu baru dalam acara WMM Fest 2022.

WMM Fest 2022 digelar pada 9-11 Desember 2022 mulai pukul 11.00 WIB di Plaza Barat Senayan, Gelora Bung Kartno (GBK), Jakarta. WMM Fest akan dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan, seperti Live Music Performance, Food and Beverage Festival, Talkshow, Fashion Show, hingga Expo Craft and Fashion.

Deretan artis juga akan memeriahkan WMM Fest 2022, di antaranya Dewa19 feat Ello, Gigi, Maliq & D'Essentials, Rizky Febian, Evan Loss, Setia Band, Element, Andien, Kunto Aji, Goodnight Electric, Lalahuta, Teddy Adhitya, Barasuara, hingga Fourtwnty dan masih banyak lainnya.

“Dalam WMM Fest ini kami menghadirkan seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri termasuk mengundang beragam hiburan dan sarana edukasi bisnis bagi masyarakat. Siapapun bisa menikmati dan hanya perlu membeli tiket secara mudah melalui fitur Livin’ Sukha pada Super App Livin’ by Mandiri,” tutur Diwangkoro.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini