Share

27 Proyek Strategis Nasional untuk Kelistrikan Selesai Dibangun

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Kamis 05 Januari 2023 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 05 320 2740999 27-proyek-strategis-nasional-untuk-kelistrikan-selesai-dibangun-NEj5LGn2G0.jpeg 27 Proyek Strategis Nasional Kelistrikan Rampung. (Foto: Okezone.com/PLN)

JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil menyelesaikan 27 Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek ini di antaranya, 14 gardu induk dengan total kapasitas 840 Mega Volt Ampere (MVA), 12 jaringan transmisi sepanjang 102,65 kilometer sirkuit (kms).

Kemudian 1 pembangkit sebesar 315 MegaWatt (MW) yang akan menguatkan sistem ketenagalistrikan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Baca Juga: Tok! Ini 10 Proyek Strategis Nasional Baru Rp265 Triliun, IKN Masuk Daftar

General Manager PLN UIP JBB Octavianus Padudung mengatakan, 27 proyek infrastruktur ketenagalistrikan merupakan proyek strategis nasional. Adanya proyek ini akan meningkatkan mutu layanan dan jaringan listrik hingga meminimalisir terjadinya gangguan.

“Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini merupakan komitmen PLN untuk menyediakan listrik yang andal serta mendukung pemulihan sektor ekonomi dan bisnis yang mulai menggeliat kembali pascapandemi Covid-19,” kata Padudung, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga: Bebaskan Lahan Proyek Strategis Nasional, Uang Negara Rp101,3 Triliun Dihabiskan

Salah satu contohnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar yang berada di Desa Lontar, Kabupaten Tangerang, Banten. Pembangkit ini dibangun dengan menggunakan teknologi Boiler Supercritical, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pembangkitan.

"PLTU Lontar Extension ini sendiri akan menambah kapasitas daya sebesar 315 MW untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya," katanya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Padudung menjelaskan dalam pelaksanaan pembangunan PLN UIP JBB menemui sejumlah tantangan seperti lokasi yang sebagian berada di tengah perkotaan padat penduduk. Namun, PLN UIP JBB berhasil dan bekerja dengan ekstra hati-hati demi tidak mengganggu mobilitas masyarakat.

Di sisi lain, terdapat juga proyek yang dikerjakan di wilayah cukup terpencil, sehingga akses material untuk ke lokasi pun menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan sumber daya manusia (SDM) hingga penggunaan teknologi, membuat proyek tersebut berhasil selesai tepat waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini