Share

Rupiah Sore Ini Parkir di Rp15.575/USD

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Selasa 10 Januari 2023 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 320 2743681 rupiah-sore-ini-parkir-di-rp15-575-usd-rowdEK5Cgb.jpeg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup melemah 8 point di level Rp 15.575 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini, Selasa (10/1/2023).

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan pelemahan rupiah ini dipicu oleh situasi politik yang tengah panas dibicarakan publik.

"Pelaku pasar saat ini tertuju pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuanagn (PDIP) ke-50. PDIP merupakan partai politik terbesar di Indonesia yang sampai saat ini masih berkuasa. Dalam HUT tersebut, Megawati Soekarnoputri akan memberikan kejutan dengan mengumumkan kandidat calon presiden yang akan di usung," terang Ibrahim dalam rilis hariannya.

Oleh karena itu, para pelaku pasar tengah menunggu siapa nama yang akan diumumkan oleh ketua partai berlambang kepala banteng tersebut.

Adapun rumor yang beredar, nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang merupakan kader terbaik dari partai ini.

"Dari dua kandidat yang di usung PDIP tersebut, pelaku pasar lebih tertarik terhadap Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Karena berdasarkan riset di berbagai Lembaga survey nasional, nama Ganjar Pranowo selalu menempati urutan pertama di bandingkan dengan pasangan lainnya, termasuk Puan Maharani," kata Ibrahim.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Teka-teki siapa kandidat yang dipilih Megawati Soekarnoputri inilah yang menjadi tanda tanya besar bagi pelaku pasar sehingga memicu pelemahan mata uang Indonesia sore ini.

Di samping itu, dia memprediksi, untuk perdagangan besok, Rabu (11/1) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 15.560 - Rp 15.620.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini