Share

Kisah Pemilik H&M Jadi Orang Terkaya Berharta Rp239,8 Triliun

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Jum'at 27 Januari 2023 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 455 2753775 kisah-pemilik-h-m-jadi-orang-terkaya-berharta-rp239-8-triliun-8JeGvO9xJT.jpg Pemilik H&M (Foto: Okezone)

JAKARTA - Stefan Persson menjadi orang terkaya dunia versi Forbes 2023. Dia adalah pemilik H&M yang masuk dalam daftar orang terkaya di Swedia.

Harta kekayaan Stefan Persson ditaksir mencapai USD16,1 miliar atau setara Rp239,89 triliun (kurs Rp14.900 per USD). Stefan Persson mengundurkan diri CEO H&M namun kini masih menjabat sebagai Chairman. Kini putranya Karl-Johan menggantikan dirinya sebagai CEO.

Stefan Persson mempunyai 36% saham di H&M. H&M merupakan singkatan dari Hennes and Mauritz yang bergerak di sektor ritel yang menjual berbagai macam kebutuhan fesyen.

H&M didirikan oleh ayah Persson bernama Erling pada tahun 1947. Lalu bagaimana perjalanan H&M berdiri hingga saat ini dan menjadi salah ritel ternama? Berikut kisahnya.

Awalnya Erling membuka toko pakaian wanita yang diberi nama Hennes atau berarti 'miliknya'. Kemudia, saat ke New York, Erling mendapat de untuk membuka sebuah toko dan akhirnya membuka toko pertamanya di Vasteras, Swedia pada 1947.

Kemduian Erling membeli salah satu ritel pakaian bernama Mauritz Widfross. Erling kemudian menggabungkan kedua ritel miliknya dan memasukkan nama Mauritz.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah proses akuisisi tersebut Erling pun mantap dengan mengubah nama brand tersebut menjadi H&M.

Singkat cerita, tokonya semakin berkembang dengan dibukanya dua cabang baru di ibukota Swedia, Stockholm serta disebuah gedung di wilayah kota Hotorget.

Baca Selengkapnya: Pemilik H&M Jadi Orang Terkaya di Swedia, Punya Harta Rp239,8 Triliun

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini