Share

Peran Bank Indonesia bagi Financial Technology, Simak Edukasi MotionPay

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Selasa 31 Januari 2023 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 31 622 2756357 peran-bank-indonesia-bagi-financial-technology-simak-edukasi-motionpay-Hg7S5HNrsF.jpg Edukasi motionpay (Foto: MNC Media)

JAKARTA โ€“ Motionpay membagikan edukasi mengenai peran Bank Indonesia bagi Financial Technology. Saat ini Financial Technology (fintech) berkembang secara pesat di Indonesia.

Di Indonesia, pengawasan terhadap stabilitas keuangan dilakukan oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia sebagai bank sentral tentunya memiliki peran yang penting, apalagi dengan perkembangan fintech di Indonesia.

โ€œDengan adanya fintech, maka dapat mempermudah transaksi keuangan, namun rentan terhadap berbagai risiko. Oleh karena itu, peran Bank Indonesia menjadi krusial agar pelaksanaan sistem keuangan digital di Indonesia tetap aman dan terjaga,โ€ kata Managing Director Motion Technology Jessica Tanoesoedibjo.

Berikut ini adalah peran Bank Indonesia terkait dengan pelaksanaan fintech di Indonesia, antara lain:

1. Perlindungan Konsumen

Dalam hal penyediaan pasar bagi pelaku usaha, pembayaran, penyelesaian (settlement), dan kliring, Bank Indonesia berperan untuk memastikan perlindungan terhadap konsumen, khususnya terkait dengan jaminan kerahasiaan data serta informasi mengenai konsumen melalui jaringan keamanan siber.

2. Mengawasi Pelaku Usaha

Dalam hal tabungan, pinjaman, dan penyertaan modal, investasi, dan manajemen risiko, Bank Indonesia mewajibkan para pelaku usaha agar mematuhi peraturan makroprudensial (kebijakan stabilitas keuangan), melakukan pendalaman pasar keuangan, sistem pembayaran, dan keamanan siber untuk menjaga data dan informasi konsumen.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Menjamin Keamanan dan Ketertiban Lalu Lintas Pembayaran

Dalam menjamin keamanan dan ketertiban lalu lintas pembayaran, Bank Indonesia memiliki peran antara lain:

a. Fasilitator dalam penyediaan lahan untuk lalu lintas pembayaran.

b. Sebagai analis bisnis bersama otoritas dan agen-agen internasional untuk memberikan pandangan dan arahan dalam menciptakan sistem pembayaran yang tertib dan aman bagi para pelaku fintech.

c. Melakukan monitoring dan penilaian terhadap kegiatan fintech dan sistem pembayaran yang berbasis teknologi.

d. Berkoordinasi dengan otoritas untuk dapat mendukung keberadaan fintech di Indonesia, serta berkomitmen untuk memberikan pengarahan mengenai fintech secara berkala.

Bank Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keuangan dan hal-hal yang berkaitan dengan financial technology, termasuk MotionPay. MotionPay telah terdaftar dan memperoleh izin dari Bank Indonesia sehingga transaksi keuangan Anda, selain mudah, dapat dilakukan dengan aman. Yuk download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance).

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini