Share

Ekonomi Bisa Tumbuh 5,1% Tahun Ini, Syaratnya?

Safina Asha Jamna, Okezone · Minggu 05 Maret 2023 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 05 320 2775683 ekonomi-bisa-tumbuh-5-1-tahun-ini-syaratnya-wOPv1BlDAS.jpg Syarat ekonomi RI tumbuh 5% (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,1% tahun ini. Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo mengatakan hal ini bisa tercapai asalkan inflasi terkendali.

“Inflasi di paruh kedua bisa sampai di bawah 4%. Di semester I inflasi masih di atas 5% sehingga kita harus kerja keras untuk menurunkan inflasi, terutama inflasi pangan,” kata Perry dilansir dari Antara, Minggu (5/3/2023).

Pengendalian inflasi dengan menjaga ketahanan pangan akan dapat mendorong konsumsi masyarakat yang menyumbang lebih dari 50% terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB).

“Indonesia juga bisa meningkatkan ekspor ke India dan China yang sedang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi dunia,” katanya.

Saat ini pemerintah berusaha mengendalikan inflasi harga komoditas dengan bersinergi, terutama untuk mengendalikan harga bahan pangan seperti beras dan minyak goreng.

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun Bank Indonesia melalui 46 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia juga terus bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan ketahanan pangan.

GNPIP 2023 akan dijalankan dengan berbagai program, seperti pasar murah, penguatan kerja sama antar daerah, subsidi ongkos angkut, gerakan tanam cabai dan replikasi model bisnis, pemberian alat dan mesin pertanian kepada petani, serta penguatan koordinasi dan komunikasi.

“Mari kita terus waspada dan bersinergi serta berinovasi untuk mengendalikan inflasi khususnya inflasi harga bergejolak dan harga diatur pemerintah,” kata Perry.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini