Share

Strategi Kemendag Jadikan Indonesia Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Dovana Hasiana, MNC Portal · Sabtu 11 Maret 2023 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 11 320 2779259 strategi-kemendag-jadikan-indonesia-kiblat-fesyen-muslim-dunia-cgA7HcMgVh.jpg Indonesia Kiblat Fesyen Muslim Dunia. (Foto: OKezone.com)

JAKARTA — Pemerintah memasang target Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia. Sebab permintaan fesyen mengalami peningkatan sejalan dengan perkembangannya yang lambat laun dijadikan sebagai gaya hidup (lifestyle).

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Frida Adiati menilai, kolaborasi dan penguatan ekosistem fesyen muslim di Indonesia merupakan kunci penting untuk mewujudkan target tersebut.

“Indonesia pasti bisa mengambil peluang ini karena Indonesia kaya ragam kearifan dan budaya lokal yang bisa menjadi inspirasi dan aset bagi para desainer untuk terus berkarya,” ujar Frida Adiati, dalam penutupan MUFFEST Plus Road to INTUMOTION 2023 di Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

Menurutnya, Indonesia bisa melakukan penguatan jaringan (networking) dan berinteraksi (connecting) dengan terjun langsung dalam peta fesyen internasional pada 2023. Hal ini sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemendag telah berkolaborasi dengan para jenama untuk berpartisipasi di ajang fesyen bergengsi internasional. Misalnya pada 3–6 Maret 2023, Kementerian Perdagangan mengantarkan enam jenama Indonesia untuk mengikuti L’adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week 2023 di Paris, Prancis. Selain itu, pada 13 Februari 2023, Kementerian Perdagangan juga berpartisipasi pada “Indonesia Now” pada New York Fashion Week 2023 di New York, Amerika Serikat.

“Saya sangat bahagia sekaligus bangga melihat jenama fesyen muslim Indonesia tampil di pasar global dan bersanding dengan jenama Internasional. Jenama Indonesia sangat mumpuni bersaing dengan jenama internasional,” ungkap Frida

Follow Berita Okezone di Google News

Kementerian Perdagangan sangat memahami pentingnya keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia dan menjadikan kekuatan baru ekonomi nasional.

“Untuk itu tak henti-hentinya, Kementerian Perdagangan mengajak kolaborasi dan kerja sama yang erat dari seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan fesyen muslim,” imbuh Frida.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini