>

Bandara Sukabumi Dibangun 2015

|

Toni Kamajaya - Koran SI

ilustrasi Foto: Heru Haryono/okezone

Bandara Sukabumi Dibangun 2015
SUKABUMI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat mengagendakan pembangunan bandar udara (Bandara) Citarete, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mulai dilaksanaan pada 2015 mendatang. Bandara yang ditujukan untuk menunjang pariwisata di Jabar Selatan ini akan menyedot anggaran hingga Rp1,5 triliun.

"Namanya Bandara Citarete, untuk rencana pembangunannya sudah dilakukan feasibility study pada tahun 2005. Perizinannya pun sudah dilakukan ke Kementerian Perhubungan melalui pemerinta daerah setempat. Dengan begitu pembangunannya tinggal dilakukan saja dengan pembiayaan selama 15 tahun yang bersumber dari APBD dan APBN terhuting mulai 2005," terang Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda, di Sukabumi, Minggu (5/6/2011).

Dijelaskannya, Bandara Citarete yang diperkirakan akan menyedot anggaran Rp1,5 triliun ini akan dibangunĀ  dengan dimensi run way 1,9 Km dengan lebar 30-60 M. Bandara ini juga ditunjang dengan infrastruktur berupa jalan Tol Pelabuhanratu-Surade dengan tujuan Bandara Citarete melalui jalan arteri. Jalan bebas hambatan ini merupakan lanjutan dari pembangunan jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

Lebih lanjut Deny mengungkapkan infrastruktur penerbangan ini tidak hanya akan berfungsi sebagai bandara domestik saja, tapi fungs utama lainnya adalah sebagai sarana penunjang pariwisata dan industri agromarine untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat pesisir.

"Prasyarat untuk pembangunan bandara ini, Pemda Kabupaten Sukabumi telah berhasil melakukan promosi besar-besaran untuk sektor pariwisata, termasuk menarik investor untuk pembangunan wilayah Selatan dan industri agromarine. Selambat-lambatnya upaya promosi iniĀ  sudah dilakukan pada 2014," terang Deny.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi Dodi Sumanteri menegaskan keberadaan Bandara Citarete ini akan menjadi pemerata bagi pembangunan Sukabumi, terutama di wilayah selatan yang selama ini relatif minim. Pembangunannya akan berdampak pada perekonomian masyarakat, sebab fasilitas penerbangan ini akan diikuti oleh industri lainnya. (and)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Repot Kalau Dirut Pertamina Tak Mengerti Minyak