>

Harga Emas Murni di Medan Tembus Rp500 Ribu/Gram

|

Risna Nur Rahayu - Okezone

Ilustrasi Foto: Koran SI

Harga Emas Murni di Medan Tembus Rp500 Ribu/Gram
MEDAN - Harga emas murni di Medan Sumatera Utara tembus Rp500 ribu per gramnya. Kenaikan harga emas ini dipicu tingginya harga emas dunia yang diduga imbas dari kerusuhan di Eropa saat ini. Dengan kenaikan harga yang terbilang tinggi ini, membuat pedagang emas di Medan mengeluh.

"Harga emas dunia sampai siang ini mencapai USD1.800 per ounce. Padahal menurut perkiraan, harga ini tembus di akhir tahun. Tapi ternyata belum diakhir tahun sudah mencapai USD1.800 per ons. Kenaikan ini karena harga emas dunia yang naik. Saya kira ini juga imbas dari kerusuhan di Eropa," terang Analisis dan Praktisi Perdagangan Emas, Eddi Suranta, di Medan, Sumatera Utara, Kamis (11/8/2011).

Suranta menerangkan, saat ini harga emas berkadar 99,99 persen dibanderol dengan harga Rp500 ribu per gramnya. Sementara untuk emas 97 persen mencapai Rp480 ribu dan emas 70 persen berada di harga Rp350 ribu per gramnya.

"Kalau dibanding sehari lalu, kenaikan harga ini mencapai Rp15 ribu di masing-masing kadar. Jadi sebelumnya harga emas 99,99 persen adalah Rp485 ribu, begitu juga dengan emas 97 persen dan 70 persen yang naik masing-masing Rp15 ribu," paparnya.

Menurut Suranta yang juga pemilik toko emas tersebut, kenaikan harga ini mempengaruhi omzet pedagang emas. Padahal menurutnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri, pembeli biasanya membludak memadati toko emas.

"Kalau harga emas naik gini, sepilah pembeli. Padahal kalau sudah menjelang hari raya gini, biasanya ramai warga yang membeli perhiasan," tandasnya. (and)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Chevron Minta Kepastian Hukum untuk Pikat Investor