>

Lion Air Genjot Rute Internasional

|

Koran SI - Koran SI

Ilustrasi. Foto: Tangguh Putra/Okezone

Lion Air Genjot Rute Internasional
SINGAPURA - PT Lion Mentari Airlines menargetkan bakal mengoperasikan setidaknya tujuh rute internasional pada pertengahan 2012. Lion Air secara resmi juga membuka rute baru Surabaya-Singapura, Jumat 16 Desember pekan lalu.

Direktur Utama Lion Rusdi Kirana mengatakan, rute-rute internasional yang akan dijajaki antara lain Bali-Sydney, Bali-Melbourne, Bali-Brisbane, Medan-Singapura-Korea, Jakarta-Singapura-Beijing, Bali-Singapura-Fukuoka, dan Jakarta-Singapura-New Delhi-Mumbai.

"Pada 2012, jumlah Boeing 737-900ER yang kami operasikan sebanyak 80 unit, sehingga kemampuan operasi dan teknis utilisasi pesawat sudah memungkinkan untuk memperbanyak rute internasional,” kata Rusdi di Bandara Changi, Singapura, baru-baru ini.

Rusdi menargetkan bisa menambah kontribusi jumlah penumpang internasional menjadi 10 persen pada 2012. Pada 2010, dari total 18,6 juta penumpang yang diterbangkan Lion, jumlah penumpang internasional baru mencapai 757.400 atau 4,05 persen. Lion juga menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 20 persen pada 2012 dari proyeksi perolehan sebesar USD1 miliar tahun ini.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menambahkan, untuk China dan Australia, penerbangan ke kota mana yang dilayani lebih dulu oleh Lion bergantung padai hasil evaluasi prospek pasar yang sedang dilakukan tim perusahaan.

Mengenai penerbangan dari Surabaya ke Singapura, Edward menjelaskan itu dipilih berdasarkan banyaknya calon penumpang dari Kota Pahlawan itu yang ingin berangkat ke Singapura, namun harus terlebih dulu ke Jakarta. Dengan dibukanya rute baru ini, jelas dia, akan terjadi efisiensi, dengan harapan juga akan mengurangi kepadatan di Cengkareng.

"Potensi rute ini cukup kuat. Pada penerbangan perdana kali ini, tingkat isian mencapai 90 persen dari 215 kursi. Tapi mungkin tidak bisa setiap hari 90 persen, target kami bulan pertama sekira 75 persen," jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, ke depan Lion akan menjajaki membuka penerbangan baru dari Surabaya menuju Kuala Lumpur dan Vietnam. General Manager Angkasa Pura I Trikora Hardjo mengapresiasi langkah Lion Air. Rute baru oleh Lion Air itu akan menambah penerbangan internasional di Bandara Juanda, yang kini setiap harinya dilakukan oleh 16 maskapai dengan penerbangan per hari sekitar 12 kali. Dia menilai rute Juanda–Changi merupakan hal yang sangat menjanjikan.

"Kami berharap Lion dapat menambah semarak penerbangan internasional di Juanda, serta memberi peluang masyarakat Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata dia. (nanang wijayanto) (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina-BUMN Migas Angola Sepakat Kembangkan Bisnis