KRDI Madiun Jaya Mulai Operasi

Arif Dwi Cahyono, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2009 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 19 320 286526 SECP4Lm9dZ.jpg Foto: Koran SI.

MADIUN - Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) jurusan Solo-Madiun-Kertosono (165 km) dengan nama "Madiun Jaya" resmi beroperasi.

Dengan beroperasinya kereta ini, maka melengkapi kebutuhan transportasi domestik. "KRDI ini diharapkan dapat menjawab akan kebutuhan kereta di Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Menteri Perhubungan Freddy Numberi, di Madiun, Sabtu (19/12/2009).

KRDI ini merupakan set keempat dari produk KRD pertama hasil desain/rancangan Industri sarana perkeretaapian dalam negeri yaitu PT Industri Kereta Indonesia (Inka).

Pembiayaan pekerjaan pengadaan KRDI ini dengan dana stimulus APBN tahun 2009 Ditjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan melalui satuan kerja pengembangan sarana perkeretaapian sebesar Rp30 miliar.

Sebelumnya, Freddy menyatakan, daya saing Indonesia dalam pelayanan transportasi dan administrasi dinilai masih kurang.

Pada KRDI, mesin diesel dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan diolah lagi pada variable voltage variable frequency (VVVF) inverter, yaitu suatu rangkaian yang dapat mengubah frekuensi dan tegangan listrik, yang digunakan sebagai kontrol motor induksi.

Selanjutnya, output tegangan yang dihasilkan dialirkan ke traction motor (TM) yang ada pada roda. satu TM hanya menggerakan satu roda - jadi dalam satu railcar terdapat empat TM.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini