nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mentan: Otonomi Daerah Terlalu Mudah Beri Izin Konversi Lahan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2014 14:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 01 25 320 931592 5o5mxMqgI0.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong agar pencapaian target pembangunan pertanian nasional tercapai. Berbagai kebijakan tengah dibuat antara pemerintah pusat yang diintegrasikan dengan kebijakan pemerintah daerah diformulasikan secara sinergis pada tataran makro.

Namun, hal tersebut nampaknya tidak terwujud dalam implementasi di lapangan. Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, problem yang terjadi selama ini adalah otonomi daerah dengan mudahnya memberikan izin untuk konversi lahan menjadi pemukiman.

"Kita tahu otonomi banyak yang dilimpahkan ke daerah, tapi banyak daerah-daerah begitu mudah konversi lahannya dengan memberikan izin mudah," ucap Suswono  dalam acara Workshop Nasional Inisiatif Kebijakan Untuk Kejayaan Pertanian Indonesia, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Sabtu (25/1/2014).

Menurut Suswono, sebagian besar daerah terutama yang menjadi lumbung pangan nasional berorientasi untuk mendahulukan kepentingannya sendiri.

"Kalau ada yang menetapkan itu hanya untuk kepentingan daerah itu sendiri, bukan untuk kepentingan nasional. Ini sangat membahayakan untuk pangan nasional," ucap Suswono.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini