nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayangan Kandidat Menteri Ekonomi era Jokowi

Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa 21 Oktober 2014 10:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 10 21 20 1054942 JIFMqVVhvD.jpg

JAKARTA - Bayangan kandidat menteri ekonomi era Jokowi masih belum jelas. Namun, ada sejumlah nama yang santer diisukan duduk di jajaran menteri ekonomi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.  

Nama-nama yang beredar bukanlah orang baru. Mereka sudah berpengalaman di bidangnya dan telah bekerja sebagai menteri ekonomi di era mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 

Namun, soal kepastian nama belum bisa ada yang memastikan. Sebab, Jokowi- JK hingga Selasa (21/10/2014) ini, belum mengumumkan. Pelaku pasar pun hingga saat ini masih wait and see menunggu kepastian.

 

 

Siapa sajakah nama menteri-menteri ekonomi Jokowi? Berikut sejumlah nama yang santer diisukan menjabat sebagai menteri-menteri bidang ekonomi.

 

1. Menteri Perekonomian

 

Sejumlah nama yang diisukan adalah Darmin Nasution. Dia adalah mantan Dirjen Pajak dan juga mantan Gubernur Bank Indonesia. Keduanya dieman di masa kepemimpinan SBY.

 

Selain itu juga ada nama Rini Mariani Soemarno, eks mantan Menteri Perindustrian era Gus Dur. Rini merupakan "orang dalam"  Jokowi-JK, dengan jabatan Kepala Staf Kantor Transisi.

 

Nama Chairil Tanjung pun ramai diisukan. Pemilik Trans Corp ini, pun dekat dengan JK. Pada era sebelumnya, CT dipercaya menjabat sebagai Menko Perekonomian, yang ditinggalkan oleh Hatta Rajasa. Di sisi lain, nama Hatta pun juga ramai diisukan kembali didaulat menjadi Menko di Lapangan Banteng.

 

Satu lagi, nama yang hangat diperbicangan adalah Sri Mulayani. Soal kepiawaian wanita yang akrab disebut, Ibu Ani ini, sudah tidak diragukan lagi. Dia sempat menjadi Menteri Koordinator bidang Ekonomi. Saat ini dia menjabat sebagai petinggi World Bank. 

 

 

 

2. Menteri-Menteri Ekonomi

 

Menteri di bidang ekonomi, pada era SBY terdiri dari 15 pos. Nama-nama yang santer diberitakan mengisi pos tersebut, yakni

 

Menteri Keuangan: Chatib Basri,

Menteri ESDM : Darwin Saleh

Kementerian Perindustrian : Rini Soemarno, Fahmi Idris, Dwi Soetjipto.

Kementerian Perdagangan: Mahendra Siregar dan Rahmat Gobel

Menparekraf : Mari Elka Pangestu, Triawan Munaf

Menpera :  Budi Karya Sumadi

Mensos : Eva Kusuma Sundari

Menpariwisata : Ngurah Puspayoga

Menteri UKM : Khofifah Indar.

 

 

 

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini