nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sofyan Djalil: Hanya Jokowi yang Umumkan BBM Sendiri

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 27 November 2014 10:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 11 27 320 1071284 sofyan-djalil-hanya-jokowi-yang-umumkan-bbm-sendiri-IYZWqNtvaq.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil membanggakan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengumumkan sendiri kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Menurut dia, hanya Jokowi yang berani melakukan hal tersebut.

"Presiden sendiri yang umumkan di depan publik (kenaikan BBM), dan bahwa kami akan alihkan ke yang lebih produktif," papar Sofyan yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para peserta saat acara Indonesia Investment Forum, Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (26/11/2014) malam.

Pasalnya, baru kali ini Presiden mengumumkan sendiri kebijakan yang non-populer tersebut. "Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, Presiden umumkan sendiri," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, harga BBM Subsidi jenis Premium naik Rp2.000 menjadi Rp8.500 per liter. Harga solar juga turut naik Rp2.000 menjadi Rp7.500 per liter dari sebelumnya Rp 5.500 per liter.

Selain Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said mengaku kaget atas sikap Presiden Joko Widodo. Menurutnya, dia tidak menyangka Jokowi mau mengumumkan sendiri informasi cukup berat kepada publik.

Padahal, menurut Said, menteri-menteri ekonomi sudah menyatakan diri siap untuk mengumumkan kenaikan BBM kepada publik. Bahkan ruangannya juga sudah disiapkan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini