Pemerintah Bangun Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di 2015

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Jum'at 09 Januari 2015 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 09 320 1090012 pemerintah-bangun-tol-bakauheni-terbanggi-besar-di-2015-HnFPaupPDU.jpg Ilustrasi jalan tol. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tengah mempersiapkan pembangunan jalan tol kawasan Bakauheni-Palembang. Jalan tol ini, nantinya akan terdiri dari tiga kawasan ruas tol.

"Untuk tahun ini yang akan dibangun salah satunya Bakauheni-Terbanggi Besar, panjangnya 138 km. Selain itu, modernisasi dermaga Merak dan Bakauheni juga akan kita bangun. Karena suatu koridor ekonomi tidak melulu bangun jalan, namun membangun ekonomi pembangunnya bertahap," papar Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Basuki mengatakan, kawasan ruas tol Bakauheni-Terbangi besar diperkirakan dapat diselesaikan dalam empat tahun dengan pendanaan dari swasta, pemerintah, gabungan swasta maupun Pemerintah. Adapun biaya pembangunan ini, diprediksi mencapai Rp53 triliun, termasuk pembebasan lahan dan konstruksi sekira Rp30 triliun.

"Masih dikaji secara detil,kalau Internal Rate of Return (IRR) nya kecil, maka ada porsi Pemerintah. Namun, pendanaan sementara sedang dirapatkan untuk pembebasan lahan, yang dananya dari APBN (khusus tanah sesuai dengan peraturan)," imbuhnya.

Menurutnya, catatan pembebasan lahan bisa selesai sekira dalam dua tahun. Oleh karena itu, tahun ini akan difokuskan pembebasan lahan. "Namun, kita melakukan pembangunan tidak menunggu pembebasan lahan," ungkapnya.

Sekedar informasi, Kemenpu-pera berencana membangun kawasan jalan Tol Bakauheni-Palembang. Adapun untuk kawasan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar 128 km sendiri, Kemenpu-pera menganggarkan sekira Rp16 triliun.

Sedangkan, ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 186 km dialokasikan sekira Rp22 triliun. Sementara itu, untuk ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 111 km, dianggarkan Rp14 triliun. Sehingga, total pembangunan tiga ruas jalan tol tersebut mencapai Rp53 triliun.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini