Share

Tata Ruang Bisa Berubah Menjadi Tata Uang

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 21 Februari 2015 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 21 470 1108673 tata-ruang-bisa-berubah-menjadi-tata-uang-cjYiHvqJSc.jpg Tata ruang bisa berubah jadi tata uang. (Foto: Okezone)

JAKARTA โ€“ Transportasi dan tata ruang di suatu kota ibarat satu mata uang yang mempunyai dua sisi. Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Bambang Susantono menyebut, dua sisi ini harus dijaga baik untuk membangun Kota Jakarta.

"Kalau transportasi enggak beres, kota itu jadi enggak beres. Sama dengan sebaliknya. Jadi harus dibenahi, makanya seperti dua sisi mata uang," ucap Bambang saat diskusi Ayo Membangun Jakarta, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (21/2/2015).

Bambang pun mengakui saat ini tata ruang menjadi โ€œtata uangโ€ yang artinya dapat mengubah struktur pembangunan yang sebagaimana diperuntukkan.

"Yang punya uang itu bisa mengubah peruntukan pembangunan. Contohnya di Condet untuk cagar budaya, tetapi kenyatannya berbeda," tegasnya.

Di sisi lain, lanjut Bambang, dalam pemaparan tata ruang ketika diimplementasikan ke lapangan, namun hal tersebut sangat berbeda sehingga menimbulkan permasalahan.

"Itu bisa amburadul traffic-nya kalau tidak sesuai peruntukannya," tukasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini