Rencana Rusunami Sudah Ada Sejak Jonan di KAI

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Senin 23 Februari 2015 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 23 320 1109604 rencana-rusunami-sudah-ada-sejak-jonan-di-kai-J6UoSYu4Pu.jpg Ilustrasi Rusun. (Foto: Okezone)
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Perum Perumnas (Persero) akan membangun rumah susun di dekat area transportasi publik, berupa rumah susun sederhana milik (rusunami) dan rumah susun sewa (rusunawa).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan akan mendukung perusahaan-perusahaan pelat merah melakukan sinergi BUMN. "Program membangun sinergi KAI dengan perusahaan BUMN yang berkecimpung di perumahan untuk membangun rumah murah," tutur Rini di Jakarta, Senin (23/2/2015).

Lebih lanjut Rini menjelaskan, program perumahan di dekat area transportasi publik di tanah milik KAI harus didukung, karena dapat memaksimalkan aset BUMN. "Bagaimana lahan-lahan yang dimanfaatkan menjadi rusunami dan rusunawa," imbuh dia.

Menurut Rini dengan dibangunnya rumah susun yang ada dibangun di tanah KAI, diklaim dapat mengurangi kemacetan. "Masyarakat jadi dekat dengan public transportation sehingga tidak perlu kendaraan pribadi untuk bepergian," ujar dia.

Sementara itu Dirut Perumnas (Persero) Himawan Arief Sugoto, mengungkapkan jika konsep rumah susun sederhana tersebut telah lama dirintis saat Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, masih menjabat sebagai dirut KAI. Adapun terdapat lima lokasi yang akan dijadikan, guna pembangunan rumah susun, kecuali Manggarai.

Dia menjelaskan, memang telah dilakukan penandatanganan MoU untuk membangun Rusunami di Tanjung Barat, namun terganjal lahan pada 2012. Saat itu, lahan tersebut masih dimiliki oleh pihak Kementerian Perhubungan.

"Kami menunggu prosesnya sampai sekarang dan diharapkan dengan adanya Pak Jonan di Kementerian Perhubungan bisa membantu merealisasikannya," tambah dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini