Lion Air Disangsikan Mampu Kelola Bandara Halim

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 24 Februari 2015 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 24 320 1109850 lion-air-disanksikan-mampu-kelola-bandara-halim-n3p46xLl9p.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Maskapai Lion Air tengah menjadi perhatian lantaran bobroknya jadwal penerbangan yang sempat menyulut kericuhan di Bandara Soekarno Hatta. Dengan munculnya kejadian tersebut, kemampuan Lion Air untuk mengelola Bandara Halim kembali dipertanyakan.

Seperti diketahui, keputusan Mahkama Agung terhadap sengketa pengadilan antara Angkasa Pura (AP) II, Induk Koperasi TNI AU (Inkopaud) dan Lion Air sejak 2010 telah memenangkan Lion Air sebagai pengelola bandara.

 

Pengamat penerbangan Alvin Lie berpendapat bahwa masalah delay yang dialami Lion Air sudah terjadi bertahun-tahun sehingga wajar jika kemampuan mengelola Bandara Halim dipertanyakan kembali.

"Kita pertanyakan lagi apakah mampu mengelola Halim, menjalani core bisnisnya sebagai penerbangan saja kesulitan apalagi kalau mengelola bandara. kalau dikelola takutnya akan menghambat penerbangan lain dan menimbulkan persaingan yang tidak sehat," ungkapnya kepada Okezone, Selasa (24/2/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, jika Lion Air sangat tertarik untuk mengelola bandara, ada baiknya Lion Air membuat bandara sendiri. Bukan mencaplok Bandara Halim yang biasanya digunakan untuk Angkatan Udara (AU).

"Lion ini core bisnisnya penerbangan, silakan saja kelola bandara tapi harus buat bandara baru, jangan caplok bandara AU, apalagi Halim itu bukan hanya AU yang menggunakan tapi juga sering digunakan untuk menerima tamu-tamu negara," tandasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini