Image

PLN Lelang Gas Alam Cair untuk Indonesia Tengah

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 09 Maret 2015, 08:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 03 09 19 1115602 pln-lelang-gas-alam-cair-untuk-indonesia-tengah-nPT61BkWbk.jpg Ilustrasi: Reuters
JAKARTA - PT PLN (Persero) membuka pelelangan umum pra-kualifikasi untuk pasokan gas alam cari (Liquified Natural Gas/LNG) bagi pembangkit-pembangkit skala kecil yang tersebar di kawasan Indonesia bagian Tengah dengan total kapasitas 2.800 Megawatt (MW).

Seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (9/3/2015), berikut pembagian wilayah di Indonesia bagian Tengah yang membutuhkan gas.

1. Lokasi di Kalimantan Timur/Selatan dengan jumlah lokasi unit pembangkit sebanyak 8 dan diperkirakan kebutuhan gas mencapai 58 MMscfd.

2. Lokasi di Sulawesi dengan jumlah lokasi unit pembangkit sebanyak 14 dan diperkirakan kebutuhan gas mencapai 120 MMscfd.

3. Lokasi di Nusa Tenggara dengan jumlah lokasi unit pembangkit sebanyak 10 dan diperkirakan kebutuhan gas mencapai 60 MMscfd.

Direktur PLN yang membidangi pengadaan strategis dan energi primer Amin Subekti mengatakan, lelang ini ditujukan kepada perusahaan atau konsorsium perusahaan nasional maupun internasional dari negara yang punya hubungan diplomatik dengan Indonesia, yang mempunyai kualifikasi di bidang pasokan LNG, transport LNG, infrastuktur LNG (hub, penyimpanan dan regasifikasi).

Dia menambahkan, tujuan penyediaan gas untuk pembangkit-pembangkit tersebut adalah untuk secepatnya mengatasi defisit pasokan, dan dalam jangka menengah bisa menyediakan pemikul beban puncak (peakers).

“Tujuan lain adalah juga untuk mempercepat elektrifikasi dan memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan luar Jawa,” ungkap Amin.

Lanjut Amin menjelaskan bahwa, PLN telah menetapkan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2015-2024. Bagian dari perencanaan itu adalah penyediaan secepatnya pembangkit-pembangkit skala kecil dan sedang berbahan bakar gas di kawasan luar Jawa.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini