Elang Dipuji Jokowi karena Omzet Usahanya Triliunan Rupiah

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2015 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 13 320 1118145 elang-dipuji-jokowi-karena-omzet-usahanya-triliunan-rupiah-WdFrTpllDZ.jpeg Elang Gumilang (Foto : Twitter @elang_gumilang)

JAKARTA - Peluang bisnis dapat tercipta dari mana saja dan dapat dimulai dengan usia yang masih tergolong sangat muda. Hal tersebut bukan hal yang mustahil jika kita mencoba segala jenis usaha.

Hal ini seperti yang dilakukan Elang Gumilang. Pria kelahiran Bogor 6 April 1985 adalah pebisnis muda yang menjadi pelopor bisnis properti rumah sederhana.

Dia pun sempat disanjung Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena pengusaha yang usianya masih terbilang muda ini sudah menghasilkan omzet triliunan rupiah. "Itu omzet (usaha Elang) sudah triliunan rupiah," Kata Jokowi dalam acara Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2015 di JCC, Jakarta.

Penelusuran Okezone, awal tahun 2005, ketika ia masih menjadi mahasiswa di IPB, ia membeli sepetak tanah dan mulai membangun rumah pertamanya. Modalnya dari patungan bersama teman-teman semasa SMA dan kuliahnya.

Dengan modal patungan Rp340 juta, pada tahun 2007 Elang mulai membangun rumah sehat sederhana (RSS) yang difokuskan untuk si miskin berpenghasilan rendah. Dari penjualan rumah yang sedikit demi sedikit itu. Modalnya Elang putar kembali untuk membebaskan lahan di sekitarnya. Rumah bercat kuning pun satu demi satu mulai berdiri.

Elang membangun rumah dengan berbagai tipe, mulai tipe 22/60 dan juga tipe 36/72. Rumah-rumah yang berdiri di atas lahan 60 meter persegi tersebut ditawarkan hanya seharga Rp25 juta dan Rp37 juta per unitnya.

Alhasil, rumah sederhana itu langsung laku ketika selesai dibangun karena sangat murah. Saat itu jumlah pekerja Elang masih 7 orang untuk mengurus administrasi hingga pemasaran.

Namun lambat laun, bisnisnya ini berakar dan menggeliat hingga tumbuh karena permintaan akan rumah murah buatan Elang tersebut mulai bertambah.

Di bawah nama Elang Group dia kini memiliki dua perusahaan inti, yakni PT Elang Semestaguna (Gemilang Property) dan PT Dwikarta Semestaguna. Bahkan, kini Elang Group masih akan terus mengembangkan sayap usahanya ke perumahan berkonsep real sestate di kawasan Bogor Barat.

Kesuksesan besar dengan omzet Rp55-56 triliun yang telah diraup Elang, tak lantas membuat lulusan Fakultas Ekonomi IPB ini lupa diri. Sebagai bentuk rasa syukurnya, dia selalu mengalokasikan tabungan sebesar 10 persen untuk membantu orang-orang miskin.

(mfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini