Tambang Batu Bara ABM Berpotensi Listrik 4.000 Mw

Hendra Kusuma, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2015 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 22 19 1122559 tambang-batu-bara-abm-berpotensi-listrik-4-000-mw-2LVEem6Rrr.jpg Tambang Batu Bara ABM Berpotensi Listrik 4.000 Mw (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Direktur Strategis PT ABM Investama Yovie Priadi mengatakan, perusahaannya telah memiliki dua lokasi tambang batubara, yang pertama di Kalimantan Selatan dan yang kedua di Aceh.

Dia menyebutkan, masing-masing lokasi memiliki total produksi yang berbeda, untuk di Aceh masih menjadi penghasil batubara terbesar dengan 15 juta ton pertahunnya. Sedangkan yang di Kalimantan Selatan mencapai 6 juta ton per tahun.

"Kalau dari kebutuhan listrik, atau kemampuan menggeneralisasi listrik dari batubara yang ada, kalau dari batubara saja kita bisa bangun sampai 4.000 mega kita bisa untuk di Aceh saja, kalau untuk Kalsel maksimum 500-1.000 mw," kata Yovie di Jakarta, Minggu (22/3/2015).

Namun, potensi kedua tambang dengan pembangunan pembangkit listrik juga masih bisa berubah tergantung dengan kebutuhan atau daya serap listrik yang nantinya akan dibangun.

"tergantung berapa banyak masyarakat dan kota bisa memanfaatkan listrik kita, atau memang bisa listrik kita disambungkan dengan jaringan transmisi dari Utara ke Selatan, sehingga listrik kita bisa ke Lampung, dari sistem kita sudah mampu tetapi dari sisi market bagaimana," tambahnya.

Sedangkan untuk ekspor, Yovie mengungkapkan, mayoritas produksi batubara yang di wilayah Aceh dengan hampir 95 persen dari total produksi yang ada, dan sisanya dipergunakan untuk pabrik semen di Aceh.

"Kita ingin sekali meningkatkan domestik, tetapi itu karena tidak ada pembelinya, pembangkit listriknya belum ada, salah satu yang kita dorong adalah kita bangun pembangkitnya, jadi kita tidak nunggu PLN yang bangun kita yang bangun deh," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini