Punya 7 Kandidat, ABM lnvestama Siapkan USD200 Juta untuk Akuisisi Tambang

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 278 1730817 punya-7-kandidat-abm-lnvestama-siapkan-usd200-juta-untuk-akuisisi-tambang-LrIS5kc66H.jpg Ilustrasi batu bara. (Foto: Okezone/Dede)

JAKARTA - PT ABM lnvestama Tbk (ABMM) berencana melakukan akuisisi tambang batu bara guna meningkatkan kinerja perseroan khususnya dalam hal peningkatan produksi.

"Akuisisi tambang batu bara ini menjadi prioritas ABM untuk meningkatkan cadangan dan mendukung peningkatan produksi batu bara perusahaan," kata Direktur Keuangan ABM lnvestama Adrian Erlangga ditemui di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Dengan melalukan akuisisi, maka volume produksi diharapkan meningkat. Dengan meningkatnya jumlah produksi batu bara, dia ingin agar kinerja perusahaan semakin terpacu. "Kami percaya kinerja perusahaan akan terus meningkat," jelasnya.

Dalam catatannya, sepanjang 2016 total produksi batu bara ABM mencapai 6 juta ton. Untuk tahun ke depan jumlahnya akan terus ditambah. Oleh karena itu, akuisisi menjadi salah satu cara perseroan meningkat produksi. "USD150 juta-USD200 juta kita alokasikan untuk akuisisi tambang baru," jelasnya Adrian.

Menurutnya, ABM sudah memiliki daftar kandidat yang bakal dibidik untuk akuisisi. Sebagai kriteria, dia mengincar tambang batu bara dengan kinerja keuangan yang terbilang sehat. Sehingga akuisisi tidak memberikan beban tambahan bagi perseroan. "Kita sudah puluhan IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang sudah kita studi. Ada sekira tujuh kandidat," sebutnya.

Dari ketujuh kandidat tersebut, tak seluruhnya bakal diakuisisi oleh ABM. Adrian memaparkan jumlah perusahaan tambang yang bakal diakuisisi akan menyesuaikan kebutuhan. "Jumlah 1 kalau sizeable (cukup besar tambang yang akan diakuisisi), itu sudah cukup," tambahnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini