Share

SBY Pernah Termakan Janji Palsu Investor Timur Tengah

Feby Novalius, Okezone · Senin 30 Maret 2015 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 30 320 1126269 sby-pernah-termakan-janji-palsu-investor-timur-tengah-ALnu4uv466.jpg SBY pernah termakan janji palsu investor Timur Tengah. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah termakan janji palsu dari investor Timur Tengah. Hal ini diharapkan tak terulang di era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Jepang dan China pada 23-28 Maret 2015. Salah satu tujuan lawatan presiden ini adalah untuk menjaring investor dari negara tersebut.

Pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) Lana Sulistyaningsih menyebutkan, harus ada tim khusus mengawasi realisasi kerjasama investasi dengan investor Jepang dan China tersebut.

Dia menyebutkan, jangan sampai pengalaman presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terulang lagi di Jokowi. “Pada zaman SBY dijanjikan investasi dari Timur Tengah, tapi tidak ada kenyataan janji itu terjadi,” kata dia dalam MNC Business Channel, Senin (30/3/2015).

Dia melanjutkan, Jokowi melakukan langkah tepat dengan menyasar investor dari Jepang dan China. “Tapi, yang diharapkan bukan sekedar janji para investor di sana dalam merealisasikan di Indonesia. Pemerintah harus follow up terus janji ini, karena problemnya janji investor asing tidak ada kenyataannya," ungkap dia.

Dirinya melanjutkan, Jepang sudah menjadi mitra investasi sejak dulu yang terus mendukung Indonesia. Nilai investasinya Jepang juga dia nilai sudah cukup tinggi. “Sementara China, sudah jelas, Indonesia harus mendatangi suatu negara yang 'kaya dan China mempunya kekuatan yang besar untuk itu," ungkapnya.

"Koordinasi harus jelas, jangan cuma rencana awal saja, tapi harus terealisasi," tegasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini