Share

Sebagian Tol Trans Jawa Sudah Siap Saat Lebaran

Hendra Kusuma, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2015 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 08 320 1162122 sebagian-tol-trans-jawa-sudah-siap-saat-lebaran-yHRJw7fpCc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sebagian Tol Trans Jawa sudah siap saat Lebaran 2015. Kesiapan tersebut tentunya menjadi hal yang baru bagi para pemudik.

Biasanya, para pemudik sebelum tersambungnya Tol Trans Jawa rute Cikampek-Palimanan (Cikapali), Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang, lebih dominan menggunakan jalur Pantura (Pantai Utara).

"Kalau untuk Cikopo-Palimanan sudah 99 persen lebih, apa yang sudha dilakukan dilapangan tinggal asesorisnya," kata Basuki saat berkunjung ke MNC Media, Jakarta.

Basuki menjelaskan, kesiapan tol Cikampek-Palimanan sampai saat ini hanya tinggal pemasangan asesoris, seperti rambu-rambu lalu lintas, penyelesaian pembangunan rest area atau tempat peristirahatan.

"Mudah-mudahan sebelum diresmikan Bapak Presiden rencananya sebelum Ramadan sudah siap," tambahnya.

Dia juga optimis, beban kemacetan yang selama ini hanya ditopang oleh Pantura sudah mulai terpecah saat kendaraan masuk di jalur Cikampek-Palimanan yang berujung pada Brebes Timur.

"Kemudian dari Brebes Timur masuk ke Pantura lagi tetapi akan pecah ke Selatan ke Prupuk dan Purwokerto dan Semarang, jadi menurut saya juga termasuk yang Kalimantan, Sulawesi itu jalur-jalur sudah siap, mudah-mudahan prasarananya jauh lebih siap dibandingkan tahun sebelumnya," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini