Share

Selamatkan Rupiah, Pemerintah Gencar Tawarkan Global Bond

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2015 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 20 1205764 selamatkan-rupiah-pemerintah-gencar-tawarkan-global-bond-gxQ4mIrC5R.jpg Ilustrasi: Reuters
JAKARTA - Presiden Joko Widodo hari ini memanggil para ekonom guna meminta masukan untuk membenahi perekonomian, khususnya pelemahan Rupiah. Hasilnya pemerintah berencana untuk mengupayakan penawaran surat utang negara atau obligasi internasional (global bonD) dan sukuk.

Pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Prasetiantono yang termasuk dalam ke 14 ekonom yang dipanggil menjelaskan, nantinya pemerintah akan aktif mencari negara-negara yang ingin membeli surat-surat berharga yang diterbitkan negara tersebut.

"Sukuk akan dijual di negara-negara middle east, kan Presiden mau kesana. Negara-negara di Asia Timur juga akan membantu, seperti China dan Korea. Itu akan menimbulkan capital inflow," tutur Tony di Istana Negara, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Menurutnya, jika rencana tersebut berhasil diterapkan, maka diyakini arus modal asing akan deras masuk ke Indonesia. Sehingga Rupiah akan terselamatkan dengan bertambahnya suplai dolar di dalam negeri.

"Kita juga masih yakin dalam pengertian dolar juga sudah mencapai titik tinggi. Suatu saat akan terjadi koreksi," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini