Share

Pelemahan Rupiah Bisa Diatasi Kurangi Permintaan Dolar AS

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2015 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 20 1205735 pelemahan-rupiah-bisa-diatasi-kurangi-permintaan-dolar-as-a5INf1G4Tg.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA – Gejolak ekonomi di Indonesia ditandai dengan pelemahan yang terjadi pada nilai tukar Rupiah. Rupiah hingga kini bahkan tak bergerak di level Rp14 ribu per USD.

Untuk mengatasi gejolak ekonomi tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para ekonom ke Istana Negara. Menurut pengamat ekonomi Hendry Saparini, Presiden meminta masukan dari para ekonom mengenai cara menyelesaikan masalah nilai tukar.

"Nilai tukar itu harus diselesaikan dari sisi kebutuhannya, langkah mengurangi permintaan dolar AS. Kedua meningkatkan pasokan dolar," paparnya.

Hendry menambahkan, sebenarnya masih banyak instrumen yang dapat digunakan oleh pemerintah dalam mengatasi pelemahan nilai tukar. Namun, dianggap belum perlu dengan langkah darurat untuk menguatkan Rupiah.

"Kemudian cara mendorong ekonomi, mendiskusikan masalahnya itu ada juga domestik. Itu juga sebenarnya akan menjadi andalan bagi ekonomi kita untuk bertahan pada kondisi seperti sekarang ini," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini