Share

Titah Ratu Hemas untuk Jokowi, Jangan Sampai Rp15 Ribu/USD

Mustholih, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2015 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 278 1205562 titah-ratu-hemas-untuk-jokowi-jangan-sampai-rp15-ribu-usd-ekBWjqMOkS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

SEMARANG - Gusti Kanjeng Ratu Hemas bertitah kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mewaspadai dampak meroketnya nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap Rupiah. Hemas menyatakan Jokowi harus membuat langkah antisipasi jangan sampai satu dolar tembus Rp15 ribu.

"Kita berharap Menteri Keuangan termasuk juga Pak Presiden bisa mengantisipasi. Naiknya dolar AS ada hal yang harus diwaspadai. Kita khawatir jangan sampai Rp15 ribu," kata Ratu Hemas usai rapat konsolidasi anggota DPD RI Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Senin (31/8/2015).

Menurut Ratu Hemas, apabila nilai dolar AS tembus Rp15 ribu, Pemerintah Pusat bakal kesulitan untuk menurunkannya. "Kalau sampai Rp15 ribu berarti sudah sangat kecil mengantisipasi turunnya lagi. Ini yang harus diperhitungkan," kata Permaisuri Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang kini juga menjadi Wakil Ketua DPD RI tersebut.

Ratu Hemas mengaku tidak melihat perkembangan ekonomi dunia sebagai faktor dominan atas melorotnya Rupiah. Dia menyatakan, pemerintah harus segera menyeimbangkan nilai tukar Rupiah. "Kita tidak melihat perkembangan dunia dengan dolar AS seperti sekarang ini. Karena sebenarnya yang terjadi tidak seperti naiknya dolar AS di Indonesia," tegas Ratu Hemas.

Meski khawatir Rupiah bisa tembus Rp15 ribu, Ratu Hemas, mengaku sampai tidak bisa berbicara dampak yang bakal ditimbulkannya di Indonesia. "Nah itu, saya enggak bisa ngomong," terang Ratu Hemas.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini