nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tugas Satgas 115 Besutan Menteri Susi

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 23 November 2015 14:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 23 320 1254201 tugas-satgas-115-besutan-menteri-susi-xRXkPk8zVS.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membentuk satuan tugas (satgas) 155. Tim ini bertugas memberantas aksi pencurian ikan (illegal fishing) di wilayah perairan Indonesia.

Dengan adanya satgas 115, kapal yang terbukti melakukan pencurian ikan nantinya langsung ditenggelamkan di tengah laut. Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana Harian (Kalakhar) Satgas 115 Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Widodo di Gedung KKP, Senin (23/11/2015).

"Target kita langsung tenggelamkan kalau sudah jelas-jelas ada potensi pelanggaran, bisa ditenggelamkan. Selama ini kapal-kapal yang ditenggelamkan yaitu keputusan hukumnya sudah inkrah, maka kita tenggelamkan. Sekarang langsung ditenggelamkan di tengah laut, sudah tidak lagi digeret ke darat," jelasnya.

Misalnya, ada kapal berbendera asing dengan ABK asing menangkap ikan di perairan Indonesia alias mencuri ikan akan langsung ditenggelamkan.

"Kapal asing yang jelas-jelas kapal milik asing, ABK asing, melakukan tindakan penangkapan ikan di teritori sudah pasti ditenggelamkan sambil proses berjalan. Begitu juga kapal berbendera Indonesia tapi ABK-nya asing, juga langsung kita tenggelamkan," sebutnya.

Namun sebelum kapal ditenggelamkan ABK asing bawa ke darat dan dievakuasi terlebih dahulu untuk dievaluasi dan dikembalikan ke negara asalnya.

"Kita amankan ABK-nya, kita bawa ke pangkalan terdekat. Kemudian kita evakuasi kembalikan ke negara asal. Tim sudah sangat lengkap jadi langsung bisa evaluasi, mengidentifikasi bahwa ini akan ditenggelamkan atau ada proses di darat," sebut dia.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini