nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Mati Lampu, Masyarakat Diminta Pahami Masalah PLN

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 07 Desember 2015 15:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 07 320 1262437 sering-mati-lampu-masyarakat-diminta-pahami-masalah-pln-csEQyIy51V.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA – Masyarakat diminta dapat memahami pemadaman listrik yang dilakukan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini dikarenakan banyaknya hambatan-hambatan yang terjadi dan membuat pemadaman perlu dilakukan.

Direktur Utama (Dirut) PLN Sofyan Basir mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi di Jakarta pada hari Minggu 6 Desember 2015 akibat besarnya beban di gardu induk Jabodetabek. Sehingga, perlu ada perbaikan pada infrastruktur tersebut.

“Karena kalau ditinggalkan begini terus, tidak diperbaiki karena hambatan-hambatan tadi, justru akan memperparah. Karena itu masyarakat harus memahami bahwa kepentingan PLN untuk kepentingan yang lebih luas,” kata dia di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Oleh sebab itu, pihaknya berharap masyarakat dapat menyambut baik perbaikan yang akan dilakukan oleh PLN bersama Pemerintah Daerah dan Kementerian BUMN. Sebab, nantinya akan ada galian sedalam 10 meter di bawah tanah.

“Tapi tidak mungkin untuk tidak dilakukan untuk jalur yang di atas,yang tegangan 500 ribu kv, untuk keliling Jakarta ada beberapa gardu induk yang harus dibangun. Contohnya 61 gardu induk baru yang selama ini terlambat pembangunannya,yaitu ada di Kebayoran, Pluit, Pondok Indah, mungkin ada di tengah perumahan harus kami bangun, tapi kami harus beli lahannya,” jelas dia.

Sofyan berharap masyarakat dapat memberikan lahannya, atau izin untuk dilewati kabel transmisi. Sehingga, awal tahun depan pekerjaan ini dapat mulai dilakukan.

“Pendanaan sudah ada, tidak ada masalah, izin Pemda sudah ada dari Pak Ahok (Gubernur DKI Jakarta). Lalu gardu induk yang besar, satu gardu itu dibutuhkan kira-kira 4-6 lokasi. Satu lokasi kira-kira 10-20 hektare lahan, di pingiran kota. itu kira-kira masalah-masalah yang dihadapi PLN,” tandas dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini