Pidato ke UNICEF, Menteri Sofyan Lebih Pede Pakai Bahasa Indonesia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 28 Desember 2015 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 28 320 1276013 pidato-ke-unicef-menteri-sofyan-lebih-pede-pakai-bahasa-indonesia-sjMbv6sUJs.gif

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil hari ini menerima kunjungan dari United Nations Children's Funds (UNICEF) dalam rangka penandatangan dokumen Country Programme Action Plan (CPAP). Dokumen ini merupakan kesepakatan kerja sama antara UNICEF dengan pemerintah RI guna mendukung tumbuh kembang anak dan upaya peningkatan kelangsungan hidup, perkembangan, perlindungan ibu dan anak (KHPPIA), pada bidang kesehatan, pendidikan, dan keadilan anak di Indonesia.

Ada satu hal menarik dalam penandatangan kesepakatan ini. Ketika hampir separuh tamu undangan adalah orang asing yang merupakan perwakilan UNICEF, Sofyan Djalil justru menggunakan bahasa Indonesia dalam kata sambutannya.

"Izinkan saya menggunakan bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa yang netral," ujarnya yang disambut oleh gelak tawa tamu undangan di Gedung Bappenas, Jakarta, Senin (28/12/2015).

Sepanjang memberikan kata sambutan Sofyan menggunakan bahasa Indonesia yang diiringi oleh sesekali penggunaan bahasa Inggris. Namun, penggunaan bahasa Inggris ini hanya ditujukan secara khusus apabila Sofyan ingin menjelaskan sesuatu kepada perwakilan UNICEF yang hadir.

Hingga akhir acara, Sofyan tetap menggunakan bahasa Indonesia saat menjelaskan kebermanfaatan dan betapa pentingnya kerja sama ini untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia. Sofyan pun menutup pertemuan ini juga dengan menggunakan bahasa Indonesia yang disambut oleh tepuk tangan dan senyuman dari perwakilan UNICEF yang hadir di Gedung Bappenas.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini