nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Candaan Menteri ATR: Siapapun Presidennya, Sofyan Djalil Menterinya

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 14:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 09 320 2127768 candaan-menteri-atr-siapapun-presidennya-sofyan-djalil-menterinya-2kdU8Fe2M2.jpg Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil menghadiri, Rapimnas Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), di Ancol Jakarta, hari ini.

Dalam sambutannya, Menteri ATR Sofyan Djalil berkelakar terkait dirinya yang kembali ditunjuk menjadi Menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, dirinya seperti yang ada di salah satu iklan minuman. Yakni apapun makanannya minumnya ya tetap sama.

"Jadi siapa pun Presidennya, ya Sofyan Djalil Menterinya," ujar dia sambil tertawa, Sabtu (9/11/2019).

Baca Juga: Menteri Basuki ke Pejabat PUPR: Perintah Presiden Jangan Korupsi!

Dirinya tercatat sudah menjadi menteri hingga 6 kali. Prestasi dia sudah terlihat saat Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di ranah kementerian, dirinya sempat menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid I pada Oktober 2004. Usai menjabat selama 3 tahun, dirinya pun ditunjuk menjadi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Oktober 2009.

Berganti pemerintahan ke Jokowi-Jusuf Kalla, Dirinya mendapat kepercayaan menjadi Menteri Koordinator bidang Ekonomi di Kabinet Kerja. Belum genap satu tahun, perombakan kabinet pun membuat dirinya menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional hingga Juli 2016.

Pernah Menjadi Menteri di Era SBY, Sofyan Djalil Kembali Dipanggil Istana 

Perombakan kedua Kabinet Kerja Jokowi-JK, dirinya kembali dipindahtugaskan ke Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia mulai 27 Juli 2016. Hingga saat ini, dirinya kembali diberi kepercayaan untuk meneruskan jabatan Menteri ATR di Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin pada Kabinet Indonesia Maju.

"Saya seorang profesional. Di mana menjabat menteri ini merupakan garis tangan dan doa ibu saya," ungkap dia.

Baca Juga: 5 Percakapan Nadiem dan Wishnutama versi Netizen Halu

Dia menjelaskan, bahwa ketika menjabat Menteri ATR pada 2016, dirinya ditarget oleh Presiden Jokowi tentang 5 juta sertifikat tanah harus diberikan kepada masyarakat.

"Pada saya menjabat di ATR/BPN ini, pak Presiden menginginkan ada 5 juta sertifikat yang bagikan pada 2017. Apabila tidak, saya akan di copot. Akhirnya target dari pak Presiden bisa dilaksanakan," tutur dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini