Share

Rizal Ramli: Reklamasi Tidak Boleh Dikuasai Swasta!

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 470 1379948 rizal-ramli-reklamasi-tidak-boleh-dikuasai-swasta-6gNDDFEjjZ.jpg Rizal Ramli (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli menegaskan proyek reklamasi tidak boleh dikuasai sepenuhnya oleh pihak pengembang swasta. Apalagi kalau pihak swasta menyetir sendiri proyek reklamasi tanpa kendali negara.

"Seperti yang dikatakan Presiden, enggak bagus kalau reklamasi dikendalikan swasta, swasta yang atur, swasta yang bikin peta sendiri," kata Rizal di Kawasan Proyek Reklamasi, Rabu (4/5/2016).

Rizal bilang, pengembang harus mematuhi aturan dibuat negara untuk melaksanakan kegiatan reklamasi di wilayah pesisir Jakarta. Pasalnya, proyek reklamasi memiliki risiko terhadap lingkungan hidup, kemungkinan banjir, dan risiko terhadap jalur lalu lintas laut juga harus diperhatikan. (Baca juga: Reklamasi Dihentikan, Rizal Ramli Ajak Susi hingga Ahok Datangi Teluk Jakarta)

Di sisi lain, Rizal menuturkan, reklamasi memiliki tiga kepentingan. Di antaranya kepentingan negara, kepentingan rakyat, dan kepentingan bisnis.

"‎Tugas kami bagaimana ketiga kepentingan itu bisa dioptimalkan. Tetapi harus di-drive negara. Negara yang tentukan apa aturan, UU dan semua termasuk pengembang harus dilaksanakan. Kalau enggak, mau jadi apa negara kita kalau diatur swasta, swasta bikin aturan sendiri, dia bikin aturan seenaknya. Negara yang atur kita enforce‎," cetusnya. (Baca juga: Proyek Reklamasi Bencana atau Berkah?)

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini