nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cabut Moratorium Proyek Reklamasi Teluk Jakarta, Menko Luhut Akui Sudah Bertemu Sandiaga Uno

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 09 320 1791774 cabut-moratorium-proyek-reklamasi-teluk-jakarta-menko-luhut-akui-sudah-bertemu-sandiaga-uno-lyGBlOTHnc.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah resmi mencabut penghentian sementara (moratorium) pengerjaan proyek reklamasi di teluk Jakarta. Dengan pencabutan moratorium tersebut, secara otomatis pembangunan proyek reklamasi teluk Jakarta tetap dilanjutkan.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan pencabutan moratorium tersebut dirinya memastikan sudah tidak adalagi polemik terkait proyek reklamasi teluk Jakarta. Bahkan menurut Luhut, dirinya sudah sempat bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, untuk membicarakan terkait pencabutan moratorium reklamasi teluk Jakarta.

"Iya (Sandiaga Uno) datang kemari, saya sudah jelasin. nanti pak Ridwan brief mereka," ujarnya saat ditemui di Kantor Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Baca juga: Semua Persyaratan Lengkap, Menko Luhut Minta Reklamasi Pantai Utara Segera Dilakukan

Menurut Luhut, dengan pertemuan yang dilakukan bersama Sandiaga Uno, diharapkan tidak ada lagi keributan lagi mengenai penolakan reklamasi teluk Jakarta. Karena menurutnya, berdasarkan kajian yang mendalam, reklamasi merupakan hak yang sangat baik.

"Jadi nggak usah ribut di luar gitu kalau ada yang tidak setuju, beritahu. Kan yang kaji itu kita kita semua. Jadi jangan buat ada yang aneh-aneh," jelas Luhut.

Baca juga: Rancangan Reklamasi Pulau Tikus Segera Diusulkan ke KKP

"Nggak ada itu Gubernur. Keinginan itu dari atas. Bahwa ini sudah dilakukan kajian dengan benar. Kalau mereka bisa menunjukkan ada yang tidak benar (baru boleh protes)," imbuhnya.

Menurut Luhut, pencabutan moratorium proyek reklamasi teluk Jakarta akan mulai berlaku efektif pada hari Kamis mendatang. Dirinya pun akan segera membuat pengumuman resmi mengenai pencabutan moratorium tersebut.

Baca juga: Menteri Susi: Tanah Hasil Reklamasi Tetap Milik Negara

"Kita akan bikin konferensi pers resmi. Saya sudah tanda tangani pada hari Kamis. Karena semua ketentuan yang berlaku dari semua K/L yang terlibat itu tidak ada masalah. Jadi, moratorium sudah di cabut efektif hari Kamis," kata Luhut.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini