Image

Semua Persyaratan Lengkap, Menko Luhut Minta Reklamasi Pantai Utara Segera Dilakukan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 20:38 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 13 320 1775367 semua persyaratan lengkap menko luhut minta reklamasi pantai utara segera dilakukan WsI90GM8KF jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk mengizinkan kegiatan reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Bahkan pemerintah meminta agar pengerjaan tersebut bisa segera dilakukan.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan persyaratan pengembangan yang diminta oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah dipenuhi. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi pemerintah untuk melarang-larang kegiatan tersebut.

Menurut Luhut ada 11 titik uang persyaratannya sudah dipenuhi. Termasuk di antaranya adalah izin pulau C dan D yang selama ini dipermasalahkan.

Baca juga: Rancangan Reklamasi Pulau Tikus Segera Diusulkan ke KKP

"Reklamasi, setelah berlarut-larut minggu lalu kita rapat itu C dan D sudah selesai. Semua persyaratan pengembang yang diminta KLH ada 11 titik sudah dipenuhi, jadi tidak ada alasan berlama-lama. Mengenai Pulau G lagi di finalisasi, kita berharap minggu depan selesai. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengeluarkan atau tidak membolehkan proses di sana," ujarnya dalam acara afternoon tea with Menko Luhut, di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Menurut Luhut untuk teknis masalah pembayaran segala macamnya itu bukan ada di kewenangannya. Karena untuk masalah itu kewenangannya ada di Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Menteri Susi: Tanah Hasil Reklamasi Tetap Milik Negara

"Konsep secara menyeluruh sudah disajikan. Dan tidak ada yang bisa challenge kita. Kalau ada cerita pembayaran NJOP segala macam, itu teknis Pemda," jelas Luhut.

Sementara itu di tempat berbeda Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator bidang Maritim antara Ridwan Djamaludin mengatakan saat ini proses reklamasi tidak gagal menunggu keputusan di tingkat Kementerian. Karena DINAS LH DKI Jakarta menyatakan semua persyaratan telah dipenuhi seminar untuk melakukan. kegiatan reklamasi tersebut.

"Pulau C dan D sudah selesai. Pulau G sekarang sedang rapat untuk secara teknis lagi. Karena dinas LAH DKI sudah menyatakan semua persyaratan teknis sudah dipenuhi tidak gagal keputusan pemerintah pusat," jelasnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini