nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cabut Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta, Menko Luhut: Semua Alasan Sudah Terpenuhi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 15:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 09 320 1791809 cabut-moratorium-reklamasi-teluk-jakarta-menko-luhut-semua-alasan-sudah-terpenuhi-WuGl82RaWw.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman telah mencabut penghentian sementara (moratorium) proyek reklamasi teluk Jakarta. Penghentian tersebut resmi dicabut setelah dilakukan penandatangan surat moratorium oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, pencabutan moratorium sudah berdasarkan pertimbangan dan kajian yang sangat mendalam. Selain itu, semua persyaratan mengenai pencabutan moratorium reklamasi teluk Jakarta juga sudah dipenuhi.

Baca juga: Cabut Moratorium Proyek Reklamasi Teluk Jakarta, Menko Luhut Akui Sudah Bertemu Sandiaga Uno

"Alasan untuk moratorium sudah dipenuhi. Itu ada lapangan kerja, kan itu meski diisi. Tidak ada sama sekali (masalah AMDAL). Bahkan sampai rekayasa teknologi dari PLN, Pertamina itu semua sudah kita lakukan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Dengan persyaratan yang sudah terpenuhi, Luhut berharap tidak adalagi pihak yang membuat kegaduhan. Apalagi sampai menuding jika pemerintah menerima suap dan sebagainya.

Baca juga: Semua Persyaratan Lengkap, Menko Luhut Minta Reklamasi Pantai Utara Segera Dilakukan

"Jadi jangan ada berpikir ngomong lagi terima ini terima itu. Semua kita lakukan sesuai aturan yang ada. Kalau ada yang missed ngomong, jangan di publik. Nah ini pak Lembong sama pak Ridwan akan cek aspek legalnya dengan tim dari gubernur Yang akan datang," kata Luhut.

"Nanti juga dengan media saya akan bikin paparan lengkap setelah balik dari Amerika. Minggu depan. Saya terus terang sudah liat semua aspek dan mereka sudah kerja dengan baik," imbuhnya.

Selain itu lanjut Luhut, pihaknya juga meminta komitmen kepada para pengembang. Jika pada perjalanan pengerjaan proyek tersebut pengembang menunjukkan ketidakkonsistensi komitmennya, maka dirinya akan bertindak tegas.

Baca juga: Rancangan Reklamasi Pulau Tikus Segera Diusulkan ke KKP

"Ya mereka harus penuhi. Pokoknya kalau kau mau terus harus ini, ini, ini. Kalau enggak mau penuhi kita berhentikan," tegasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini