Share

Jika Tax Amnesty Rampung, BI Pede Pertumbuhan Ekonomi ke 5,4%

Feby Novalius, Okezone · Selasa 21 Juni 2016 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 21 20 1421181 jika-tax-amnesty-rampung-bi-pede-pertumbuhan-ekonomi-ke-5-4-2SushWxqb0.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui postur sementara asumsi APBN-P 2016 berdasarkan hasi rapat Panja A. Namun, yang masih menjadi pertanyaan, kenapa asumsi makro ekonomi pada pertumbuhan ekonomi tidak 5,1 persen malah menjadi 5,2 persen.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dalam pandangannya mengatakan, BI memberikan range pertumbuhan antara 5-5,4 persen. Dalam pembahasan dengan Komisi XI DPR BI sependapat dengan pertumbuhan ekonomi yang 5,1 persen. Namun, BI melihat ada beberapa kondisi yang akan membuat pertumbuhan ekonomi bisa lebih dari 5,2 persen.

"Kami lihat banyak hal. Kondisi tax amnesty belum dimasukkan, jadi kalau seandainya tax amnesty dimasukkan seberapa besar penerimaan negara yang diperoleh dan seberapa besar dana yang digunakan akan mendukung pemerintah dan itu bisa membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi," ujar Agus di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Secara umum, lanjut Agus, pertumbuhan ekonomi dunia melambat dan belum menunjukan perbaikan. Pertumbuhan ekonomi di dalam negeri juga belum didukung permintaan yang memadai.

"Tapi BI menyampaikan pertumbuhan ekonomi 5-5,4 persen itu masih bisa bergerak karena faktor manfaat dari tax amnesty itu belum kami masukan," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini