Share

Rizal Ramli: Proyek Reklamasi Hanya Ambil Untung Saja

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 470 1429608 rizal-ramli-proyek-reklamasi-hanya-ambil-untung-saja-PUw77Y6E1e.jpg Rizal Ramli (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidan Kemaritiman Rizal Ramli menilai, proyek reklamasi yang berada di Indonesia hanya berlandaskan keuntungan saja. Padahal, proyek reklamasi merupakan proyek yang biasa dan pernah terjadi di negara-negara berkembang maupun maju lainnya.

Rizak menuturkan, proyek reklamasi di Indonesia cenderung kepada proyek ugal-ugalan yang ujung-ujungnya hanya memberikan kerugian bagi masyarakat. Sebab, lingkungan dan tata ruang akan rusak. (Baca juga: Rizal Ramli Hentikan Pembangunan Pulau G di Teluk Jakarta)

"‎Saya ulangi kembali reklamasi itu hal yang biasa di seluruh dunia. Tetapi, jika dilaksanakan secara ugal-ugalan. Motifnya hanya sekadar mencari keuntungan, itu bisa membawa dampak yang merugikan publik," kata Rizal di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Reklamasi yang baik atau sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni mengintegrasikan berbagai kepentingan, mulai dari lingkungan hidup hingga kepentingan negara.

"‎Kita musti belajar dari pengalaman Singapura, misalnya dalam merenovasi daerah kumuh, dibikin rumah susun yang bagus. Tapi dalam kompleks itu didorong supaya terjadi integrasi sosial. Nah sisanya itu digunakan negara untuk meningkatkan revenue," tambahnya.

Menurut Rizal, proyek reklamasi jangan hanya mengutamakan faktor bisnis dan menutup mata terhadap aspek lingkungan hidupnya. "Kepentingan ini di-drive oleh negara supaya reklamasi itu punya manfaat yang positif untuk semuanya. Tentu kasus di DKI ini akan jadi benchmark untuk kasus lain reklamasi di seluruh Indonesia," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini